Rumah kontrakan Umar di Cemani, Sukoharjo. Medcom.id/Pythag Kurniati,
Rumah kontrakan Umar di Cemani, Sukoharjo. Medcom.id/Pythag Kurniati, (Pythag Kurniati)

Terduga Teroris Bom Kartasura tak Pernah Lapor Identitas

terorisme ledakan bom
Pythag Kurniati • 10 Juni 2019 22:46
Solo: Densus 88 Antiteror Mabes Polri menggeledah sebuah rumah kontrakan di kawasan Cemani, Sukoharjo. Penggeledahan merupakan tindak lanjut dari penangkapan terduga teroris di Lampung, Minggu, 9 Juni 2019.
 
Ketua RT 003 RW 021 Waringin Rejo, Cemani, Prabowo Humardani mengatakan rumah tersebut dikontrak oleh seorang pria. "Namanya Ali Amirul Alam alias Umar," ungkap Prabowo, Senin, 10 Juni 2019.
 
Umar, kata dia, tinggal bersama istri dan tiga orang anak. Menurut Prabowo, Umar sudah mengontrak selama dua tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Prabowo menuturkan, selama tinggal di tempat tersebut Umar tidak pernah mau memberikan informasi mengenai identitas ke pengurus RT. "Kami bahkan sudah berulang kali minta tapi tidak pernah diberi," ujar dia.
 
Selain itu, kata Prabowo, keluarga tersebut juga tidak pernah mengikuti kegiatan warga setempat. "Keluarganya tertutup," imbuh dia.
 
Prabowo mengatakan dalam sehari-hari, Umar berjualan minyak wangi di Kawasan Pasar Klithikan, Semanggi.
 
Menurut informasi warga, saat penggeledahan berlangsung, Umar sedang tidak berada di tempat. Dia diketahui telah pergi meninggalkan rumah bersama keluarganya beberapa hari sebelum lebaran.
 
Humas Mabes Polri pun hari ini merilis mengenai penangkapan dua orang berinisial AA alias Umar dan S. Keduanya ditangkap karena diduga terlibat aksi bom bunuh diri di pospam Tugu Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah.
 
"Dari hasil pemeriksaan yang intensif mendapat keterangan bahwa tersangka RA tidak melakukan sendiri. Densus segera menangkap dua terduga pelaku aksi teror yang lainnya," tutur Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) divisi Humas Mabes Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta Selatan.
 
Tersangka AA alias Umar ditangkap saat mencoba melarikan diri ke Lampung. Sementara tersangka S ditangkap di Sukoharjo. Mereka ditangkap pada Minggu, 9 Juni 2019. 
 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif