Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir - Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq.
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir - Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq. (Ahmad Mustaqim)

Muhammadiyah Bakal Bangun Pusat Studi Kebudayaan Islam

muhammadiyah
Ahmad Mustaqim • 11 Juni 2019 18:55
Yogyakarta: Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah akan membangun Pusat Studi Kebudayaan Islam Indonesia. Pembangunan pusat studi ini akan dilakukan di Yogyakarta. 
 
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan pembangunan pusat studi itu akan memanfaatkan lahan milik Kraton Yogyakarta atau Sultan Ground (SG). Menurut dia, Raja Kraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X sudah memberikan lampu hijau. 
 
"Setengah bulan lalu sudah bertemu Sultan membahas meminta izin memakai lahan di daerah Piyungan. Kita insyaallah akan memakai dan Sultan mengizinkan yang penting di atas SG. Kerja sama (dengan) pemerintah pusat," kata Haedar di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Selasa, 11 Juni 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Haedar menuturkan, pusat studi itu akan menjadi monumen sejarah Islam Indonesia. Bagi dia, Yogyakarta menjadi lokasi tepat pendirian pusat studi itu karena keberadaan kerajaan Mataram Islam. 
 
"Perjuangan (Yogyakarta) untuk negara sudah tak terbilang. Tokoh Muhammadiyah, Kiai Dahlan pernah jadi penghulu Kraton. Jenderal Sudirman, kader Muhammadiyah dan kader TNI juga berkontribusi," ujarnya. 
 
Menurut dia, bangsa Indonesia kini tengah menghadapi tantangan besar. Mulai dari ancaman globalisasi dari luar negeri, era politik kebudayaan, dan keamanan bebas tanpa batas. 
 
Dengan kondisi itu, Haedar menilai semua anak bangsa harus menyatukan kekuatan. Kesatuan kekuatan bangsa ini akan menjaga kedaulatan dan didukung upaya memajukan bangsa. 
 
"Kita harus damai, bersatu, dan berdaulat. Kalau tak maju kita kalah dengan bangsa lain. Mari jadi bangsa yang produktif. Islam menjadi umat terbaik dan unggul," tuturnya. 
 

 

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif