Pabrik Textil di Pekalongan Terbakar
Kondisi Pabrik textil PT. Lokatex yang terbakar, di Pekalongan, Jawa Tengah. (Medcom.id /Kuntoro Tayubi)
Pekalongan: Pabrik textil PT. Lokatex, yang berada di jalur Pantura Km 10, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan, terbakar. Kebakaran diduga terjadi akibat percikan api dari las listrik yang berada di ruang printing.

Sunarto, salah satu saksi kejadian menuturkan, awal mula kejadian ada percikan api dari mesin las yang ada di ruang printing. Kemudian api dengan cepat merambat ke ruang kantor yang ada di lantai 2.

"Awalnya dari ruang las ada api kecil. Kemudian api langsung merambat ke ruang kantor, membesar dan terdengar suara ledakan," ujarnya, saat ditemui di lokasi kejadian, Rabu, 11 Juli 2018.


Setelah melihat api semakin membesar, Sunarto bersama dengan karyawan lain berusaha untuk memadamkan api dengan alat seadanya. Tapi nahas api semakin membesar dikarenakan banyaknya bahan mudah terbakar yang berada di kantor ruang printing.

"Kami sudah berusaha memadamkan api, tapi tidak berhasil karena tidak bisa menjangkau titik kebakaran," tambahnya.

Saksi lain, Edi mengatakan ada 3 ruangan yang ludes terbakar. Yakni ruang printing, finishing dan ruang rotari yang berada di lantai 1.

"Semua barang yang ada di kantor habis terbakar. Alhandulillah, pas kejadian gak ada karyawan yang ada di ruangan," ungkapnya.

Setelah 3 jam kejadian, akhirnya petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api. 7 mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.

"Tidak ada kesulitan saat memadamkan api. Api padam setelah 3 jam. Setelah itu, kami lakukan proses pendinginan untuk mencari kemungkinan ada titik api lain," jelas salah satu petugas pemadam api Dinsos Kabupaten Pekalongan, Rohim.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran tersebut. Dan belum bisa dipastikan berapa jumlahnya, lantaran pihak pabrik tidak bersedia memberikan keterangan.




(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id