Gempa di Semenanjung Muria tak Mengakibatkan Kerusakan
ilustrasi Medcom.id
Jepara: Gempa yang terjadi di Semenanjung Muria, Jawa Tengah, tidak berdampak di Kabupaten Jepara. Hingga saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat belum menerima laporan berkait kerusakan.

Kepala BPBD Kabupaten Jepara, Arwin Noor Isdiyanto menyampaikan, setelah menerima informasi adanya bencana gempa bumi tektonik, pihaknya langsung melakukan pemantauan. Hasilnya, gempa berkekuatan 4,3 skala richter Episenter tak berdampak kerusakan infrastruktur di masyarakat.

Sumber guncangan terletak di koordinat 6.42 LS dan 111.07 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 36,6 km arah utara Kota Pati pada kedalaman 12 km.


Baca: Gempa Bumi Guncang Pati dan Jepara

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa guncangan gempa dirasakan di Muria, Pati dan Jepara dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau II-III MMI. 

"Di Jepara aman. Belum ada laporan kerusakan. Kami juga sudah menghubungi sejumlah camat, dan tidak ada kerusakan," ujarn Arwin, Kamis, 3 Mei 2018.

Pihaknya berharap, tidak ada dampak kerusakan maupun korban akibat bencana tersebut. "Kami juga berharap tidak ada gempa susulan," kata Arwin.

Sementara Camat Karimunjawa, Saptwagus Karnan Ejeng mengatakan gempa bumi yang terjadi kali ini tidak berdampak di Karimunjawa.

"Alhamdulillah aman terkendali. Tidak ada dampak kerusakan dan tidak membuat warga panik," tandasnya.

Dian Ardiansyah, warga Kecamatan Bangsri mengaku merasakan adanya gempa pagi ini. Namun, getaran yang dirasakan tidak berlangsung lama.

"Terasa sedikit ada getaran-getaran, tapi tidak sampai berdampak pada bangunan. Semuanya masih untung baik-baik saja," pungkas Dian.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id