Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi  melakukan rampcheck di Terminal Tirtonadi, Kota Solo, Jawa Tengah. (Medcom.id/Pythag Kurniati)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan rampcheck di Terminal Tirtonadi, Kota Solo, Jawa Tengah. (Medcom.id/Pythag Kurniati) (Pythag Kurniati)

Menhub Dapati Bus Jelek saat Sidak Terminal Tirtonadi

sidak menhub
Pythag Kurniati • 01 April 2018 18:28
Solo: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendapati beberapa bus dalam keadaan tak laik saat inspeksi mendadak (sidak) di Terminal Tirtonadi, Kota Solo, Jawa Tengah. Budi menduga, rampcheck (pengecekan lapangan) tak dilakukan dengan benar. 
 
“Bus-busnya pada jelek,” ujar Budi Karya Sumadi ketika meninjau Terminal Tirtonadi, Minggu, 1 April 2018.
 
Menhub memerintahkan ke pengelola terminal untuk segera mengevaluasi rampcheck. Budi menginginkan masalah bus tak laik segera ditangani. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Bagaimana cara kita melakukan pengawasan lebih efektif dan membuat satu mekanisme pengawasan kepada perusahaan bus lebih baik,” terang Menhub.
 
Namun, Budi Karya mengakui industri bus saat ini berada dalam tekanan. Salah satunya yakni ada kompetisi dengan angkutan lainnya.
 
“Bersamaan kita menertibkan, kita mencari pola agar bus jadi baik,” kata dia.
 
Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo Joko Supriyanto mengemukakan, rampcheck telah menjadi kegiatan rutin di Terminal Tirtonadi Solo. Pengecekan pun dilakukan hari ini. 
 
 “Hasilnya, dari 17 bus yang dicek, ada 3 yang tidak laik,” kata Joko.
 
Masalah yang ditemui yakni di ban bus dan rem. Bus yang dinyatakan tidak, diberikan surat tilang dan tidak boleh beroperasi.
 
“Tidak boleh mengangkut penumpang sebelum diperbaiki,” tutup dia.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif