Satu Narapidana Rutan Surakarta Positif Konsumsi Narkoba
Personel Polda Jawa Tengah menyita sejumlah barang bukti usai melakukan sidak dan penggeledahan di Rutan Kelas I Surakarta, Jawa Tengah, Rabu, 8 Agustus 2018. Medcom.id/ Pythag Kurniati.
Solo: Polda Jawa Tengah melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan penggeledahan di Rutan Kelas I A Surakarta, Rabu, 8 Agustus 2018. Penggeledahan menyasar 173 orang narapidana kasus narkoba di rutan tersebut.

Dari pemeriksaan, personel Polda Jawa Tengah menemukan satu orang narapidana terindikasi positif. Hasil itu didapati setelah mereka melakukan tes urine kepada seluruh narapidana.

"Setelah dilakukan tes urine oleh dokkes hanya satu narapidana yang terindikasi positif. Itu pun masih perlu dibuktikan apakah karena konsumsi narkoba atau obat-obat lain," kata Kabag Bin Ops Ditres Narkoba Polda Jawa Tengah, AKBP Djoko Tjahjono saat dikonfirmasi, Rabu, 8 Agustus 2018.


Djoko mengatakan, penggeledahan dilakukan untuk memastikan tidak ada narkotika yang beredar di dalam lapas. Lebih-lebih, seringkali kasus narkotika melibatkan narapidana sebagai pengendalinya.

Meski demikian, menurut Djoko, hasil tes urine yang positif tersebut belum tentu karena mengonsumsi sabu, tapi bisa dimungkinkan karena orang tersebut meminum obat tertentu. "Jadi belum tentu narkotika," jelas Djoko.

Sementara itu Kepala Rutan Kelas IA Surakarta, Muhammad Ulin Nuha mengatakan, pihaknya akan segera membuat berita acara. Serta memastikan apakah narapidana tersebut mengonsumsi narkotika atau obat-obat lainnya.

"Segera kami tindak lanjuti," jelas Ulin.

Selain satu narapidana yang diduga terindikasi narkoba, tim Polda Jateng juga menemukan sejumlah senjata tajam dan peralatan judi saat penggeledahan.

Seperti dadu, kartu remi, silet, paku serta sikat gigi yang dimodifikasi menjadi senjata tajam. Barang-barang tersebut disita oleh petugas.

Adapun Rutan Kelas IA Surakarta dihuni oleh 609 orang warga binaan. Padahal kapasitas ideal rutan yakni 283 orang. Sementara jumlah narapida narkoba sebanyak 173 orang.



(DEN)