Ilustrasi proses pelipatan surat suara di KPU Kabupaten Sleman, Rabu, 21 Maret 2019. Medcom.id/ Patricia Vicka.
Ilustrasi proses pelipatan surat suara di KPU Kabupaten Sleman, Rabu, 21 Maret 2019. Medcom.id/ Patricia Vicka. (Patricia Vicka)

KPU Kota Yogyakarta Temukan 300 Surat Suara Rusak

pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Patricia Vicka • 21 Maret 2019 14:25
Yogyakarta: Proses pelipatan dan penyortiran surat suara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta sudah selesai. Ada 300 surat suara yang ditemukan rusak saat proses pelipatan tersebut.
 
Ketua KPU kota Yogyakarta, Hidayat mengatakan, kerusakan yang terjadi tidak terlalu signifikan.
 
"Rusaknya seperti adanya noda tinta dan robek dibeberapa sisi," kata Hidayat Widodo kepada Medcom.id di Yogyakarta, Kamis, 21 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hidayat mengatakan, seluruh surat suara yang rusak adalah surat suara pemilihan caleg DPR RI. Lantaran KPU Kota Yogyakarta belum menerima surat suara jenis lainnya.
 
Hidayat menjelaskan, surat suara yang rusak sudah dikumpulkan dan disimpan ditempat yang aman. Pihaknya menunggu kabar dari KPU Pusat untuk proses pemusnahan.
 
"Kami juga sudah meminta ke KPU pusat melalui KPU DIY untuk penggantian surat suara baru. Namun belum ada kabar kapan dikirim," jelas Hidayat.
 
Surat suara DPR RI tiba di KPU Kota Yogyakarta pada tanggal 9 Maret 2019. Totalnya sebanyak 316.659 lembar ditambah 1.000 lembar surat suara untuk pemungutan suara ulang.
 
Proses pelipatan dan penyortiran dilakukan sejak 13 Maret 2019 di gudang KPU di Ringroad Timur. KPU mengerahkan sekitar 40 orang dalam proses ini.
 
Hidayat memperkirakan empat jenis surat suara lainnya akan datang pekan depan. KPU akan  langsung menyortir dan melipat ketidak surat suara datang. Petugas penyortir akan ditambah sekitar 100 orang untuk mempercepat pelipatan.
 
Sementara itu KPU Kabupaten Sleman menemukan ada 7 surat suara yang rusak saat hari pertama proses pelipatan surat suara. Jenis kerusakan tidak berbeda jauh dengan kerusakan ditemukan oleh KPU Kota Yogyakarta.
 
"Rusaknya seperti susut, ada kelebihan kertas, dan ada bercak noda," kata ketua KPU Sleman Trapsi Hidayat.
 
Proses pelipatan surat suara dimulai pada Rabu 20 Maret 2019 di GOR Pangukan , Tridadi, Kabupaten Sleman. Jumlah seluruh surat suara ada 3.950.510 buah. Surat suara yang datang sudah lengkap terdiri dari Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi,dan DPRD Kabupaten.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif