Pedagang bwang putih di Pasar Peterongan Semarang, Sabtu, 4 Mei 2019. Medcom.id/ Budi Arista Romadhoni.
Pedagang bwang putih di Pasar Peterongan Semarang, Sabtu, 4 Mei 2019. Medcom.id/ Budi Arista Romadhoni. (Budi Arista Romadhoni)

Pedagang Keluhkan Naiknya Harga Bawang Putih

kebutuhan pokok Ramadan 2019
Budi Arista Romadhoni • 04 Mei 2019 17:16
Semarang: Menjelang bulan Ramadan harga komuditas makanan terus merangkak naik. Seperti Bawang putih, kenaikannya sangat signifikan. Pedagang Bahan Makanan Pasar Peterongan Semarang, Nanik mengatakan, dengan naiknya harga bawang putih, penjualan mulai sepi.
 
"Harganya sekarang Rp80 ribu perkilogram, seminggu yang lalu cuma Rp60 ribu. Jadinya sepi pembeli, kulakane juga cuma sedikit. Sayang uang modalnya, kalau cuma kulakan bawang," kata Nanik saat ditemui Medcom.id di Pasar Peterongan Semarang, Sabtu, 4 Mei 2019.  
 
Nanik menjelaskan, dirinya sudah 16 tahun jualan di Pasar Peterongan, setiap menjelang hari besar atau libur panjang harga bahan makanan selalu naik. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"kalau bawang merah masih sama, 35 ribu. Katanya stoknya kosong susah carinya. Dari sana sudah mahal harga kulakannya," jelas Nanik.
 
Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Jawa Tengah, Soekowardoyo mengatakan, inflasi kelompok bahan makanan menjadi kontributor utama iniflasi bulanan di Jawa Tengah. Bawang merah memberikan andil inflasi sebesar 0,177 persen, akibat masa paceklik.
 
Kemudian bawang putih memberikan andil inflasi sebesar 0,162 persen sebagai dampak penurunan pasokan akibat kebijakan impor Pemerintah. 
 
"Tahun ini saat masuk Ramadan dibarengi dengan kenaikan bawang putih. Kami sangat berharap pemerintah membuka impor bawang putih dan cepat di distribusikan ke Jawa Tengah," jelas Nanik.
 
Nanik berharap, dalam waktu dekat harga kebutuhan pokok di Jawa Tengah bisa turun dan terkendali. Sehingga bisa mengurangi gejolak harga, dan inflasi saat ramadan nantinya berada di angka yang rendah. 
 
"Di Jawa Tengah itu saat ramadan dan lebaran inflasinya berkisar 0,4 hingga 0,7 persen, jika tidak terjadi gejolak harga," pungkas Nanik.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif