Sejumlah wisatawan melintas di kawasan Malioboro, DI Yogyakarta, Senin (5/11/2018). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah.
Sejumlah wisatawan melintas di kawasan Malioboro, DI Yogyakarta, Senin (5/11/2018). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah. (Patricia Vicka)

Malioboro Bebas Kendaraan Saat Malam Pergantian Tahun

natal dan tahun baru
Patricia Vicka • 21 Desember 2018 18:21
Yogyakarta: Kendaraan pribadi dan umum dilarang melintas di kawasan Malioboro saat malam pergantian tahun. Pelarangan tersebut dilakukan untuk memberikan rasa nyaman terhadap wisatawan yang diprediksi memadati lokasi tersebut.
 
"Jalan Malioboro akan ditutup untuk kendaraan pribadi, Trans Jogja, delman dan becak tanggal 31 Desember malam," kata Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sigit Sapto melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Jumat, 21 Desember 2018.
 
Sigit menjelaskan kendaraan pribadi dilarang masuk sejak pukul 16.00 WIB. Kemudian saat jalanan mulai dipenuhi pengunjung dan wisatawan, Trans Jogja serta delman dan becak turut dilarang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa menit sebelum moment pergantian tahun, jalan Mataram dan Bhayangkara turut ditutup sementara. Kedua jalan ini berada di sisi barat dan timur jalan Malioboro. Seluruh jalan yang ditutup akan dibuka kembali usai perayaan tahun baru selesai.
 
"Jadi nanti dibuka lagi (untuk kendaraan) kalau kepadatan pengunjung berkurang," ungkap Sigit.
 
Dirinya mengimbau kepada seluruh pegawai atau pemilik toko dan kantor di kawasan Malioboro untuk memindahkan kendaraan sebelum pukul 16.00 WIB. Sementara untuk pengunjung, ia menyarankan untuk datang ke kawasan legendaris ini sebelum pukul 16.00 WIB. Lewat dari jam itu pengunjung bisa menggunakan Trans Jogja.
 
Pihaknya turut melakukan rekayasa lau lintas bersama polresta di sekitar Malioboro. Kendaraan yang akan masuk ke Malioboro dari arah utara akan diputar ke Jalan Abu Bakar Ali-GOR Kridosono- Jembatan kleringan-Jalan Mataram-Jalan Malioboro.
 
Rekayasa dilakukan jika jalanan menuju Malioboro mulai padat.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi