Pendidikan Karateka Belia Peraih Medali Internasional Dijamin

Pythag Kurniati 26 November 2018 17:21 WIB
karate
Pendidikan Karateka Belia Peraih Medali Internasional Dijamin
Nandana Putra Purnama bersama ayah dan ibunya. Medcom.id/Pythag Kurniati
Solo: Nandana Putra Purnama, 11, yang duduk di kursi kelas lima sekolah dasar menjuarai kompetisi karate internasional di Belgia. Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, berjanji menjamin pendidikan untuk anak berprestasi tersebut.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo akan memberikan kemudahan Nanda untuk masuk ke Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMPN 1 Surakarta. "Minimal itu yang bisa kita berikan," kata Rudy saat ditemui Senin, 26 November 2018.

Menurutnya, KKO yang dimiliki Pemkot Solo tepat untuk membina prestasi Nanda. Apalagi KKO tersebut juga menyediakan kelas untuk olahraga karate.


Selain menjamin pendidikan untuk Nanda, pemerintah Solo juga akan berusaha memberi hadiah prestasi dalam bentuk uang pembinaan. Rudy, begitu dia disapa, belum dapat menjanjikan kapan hadiah tersebut bisa cair.

"Kalau untuk dana tidak terencana seperti ini kan kita kesulitan. Sekarang selain bencana tidak bisa cair. Tapi kita tetap akan usahakan," ujar Rudy.

Baca: Bocah Asal Solo Jadi Juara Karate Internasional Di Belgia

Nandana Putra Purnama menyabet juara pertama dalam ajang 3rd Edition of International Karate Open of Province de Liege 2028, Belgia. Kompetisi berlangsung pada 14-21 November 2018.

Putra kedua pasangan Rohman Sidik Purnomo dan Nuryati Puji Lestari tersebut berdiri di puncak podium sebagai setelah mengalahkan 17 orang dalam kategori kata (peragaan). Bocah yang bersekolah di SD Al-Islam 2 Jamsaren Solo itu juga berhasil menumbangkan 32  lawan dari berbagai negara pada pertandingan kumite.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id