Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal (Rhobi Shani)

Terpaksa Ujian di Balik Jeruji Rutan

pendidikan ujian nasional
Rhobi Shani • 23 April 2019 15:29
Kudus: Rudi (nama samaran), seorang siswa SMP di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, terpaksa mengikuti ujian nasional di balik jeruji Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kudus. Saat mengerjakan soal ujian, dia didampingi pengawas serta petugas dari Rutan.
 
Rudi mengerjakan soal ujian di lantai 2 gedung Rutan supaya tidak terganggu suara bising penghuni lainnya. Ini merupakan hari kedua dia mengerjakan ujian nasioanl.  Dia akan mengerjakan ujian nasional di balik jeruji besi selama dua hari ke depan.
 
Rudi merupakan salah satu pelaku begal yang beberapa waktu lalu ditangkap Polres Kudus. Kepala Rutan Kelas IIB Kudus, Budi Prajitno, mengatakan pihaknya memfasilitasi siswa yang mengerjakan ujian di dalam Rutan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Iya. Memang ada yang mengerjakan ujian nasional di Rutan,” kata Budi singkat.
 
Sedangkan Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kudus, Eko Budi, mengatakan pihaknya memberi waktu khusus kepada siswa untuk belajar. “Ada satu anak yang mengerjakan ujian nasional di Rutan. Kami fasilitasi waktu untuk belajar dan ruang khusus untuk anak-anak,” kata Eko.
 
Saat mengerjakan soal ujian, siswa mendapat pendampingan dari Dinas Pendidikan dan guru sekolah. “Tidak ada masalah. Berjalan lancar,” ujar Eko.
 
Siswa ini merupakan tahanan titipan dari Kejaksaan Negeri Kudus. Dia bersama gerombolannya berani membegal di Jalan Lingkar Utara pada 2 April 2019. Tak berselang lama Polres Kudus berhasil menangkap kawanan begal itu.
 
“Berkasnya sudah dilimpahkan dari Polres ke Kejaksaan Negeri Kudus,” tutup Eko.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif