Petani Brebes Dapat Kredit Tanpa Jaminan

Kuntoro Tayubi 16 November 2018 18:45 WIB
petani
Petani Brebes Dapat Kredit Tanpa Jaminan
Bank Jateng Cabang Brebes sosialisasi program Kredit Mitra Jateng 25 di Aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Jumat, 16 November 2018. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi).
Brebes: PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Tengah atau Bank Jateng membuka akses pembiayaan kepada pengusaha para petani di Kabupaten Brebes melalui program Kredit Mitra Jateng 25 menjelang musim tanam. Program kredit usaha itu disalurkan dengan plafon sebesar Rp25 juta pernasabah dan bunga 7 persen per tahun.

"Di Brebes peminat program Mitra Jateng sangat fantastis (banyak). Sejak diluncurkan bulan Juni 2016 hingga Oktober 2018, Bank Jateng Cabang Brebes sudah menyalurkan sekitar Rp4,5 Miliar. Dan ini akan terus bertambah," kata pelaksana program Bank Jateng Cabang Brebes, Dwi Hartanto, usai melakukan sosialisasi program Kredit Mitra Jateng 25 di aula Dinas Petanian Brebes, Jumat, 19 November 2018.

Dwi menjelaskan, masyarakat sangat antusias terhadap program Kredit Mitra Jateng 25 karena tidak memerlukan jaminan agunan fisik, tidak dipungut biaya, serta nasabah memperoleh pelayanan edukasi masalah keuangan.


Program ini, selain diharapkan mampu membantu petani di Brebes menjelang masa tanam, juga diharapkan dapat mengena ke pelaku pasar usaha mikro dan ultramikro hingga UKM, serta nelayan.

Hingga saat ini pembayaran atas pinjaman dari program Kredit Mitra Jateng 25 terhitung lancar. Harapannya ini dapat mengurangi ketergantungan mereka pada akses permodalan yang menyulitkan seperti rentenir.

“Apalagi kondisi bawang merah harganya tidak stabil. Sementara warga Brebes rata rata petani bawang merah. Dengan kemudahan yang diberikan Bank Jateng, mudah-mudahan para petani bawang merah dapat mengembangkan usaha dengan mudah," ungkap Dwi.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id