Ilustrasi pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta, Rabu (8/8). MI/PIUS ERLANGGA.
Ilustrasi pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta, Rabu (8/8). MI/PIUS ERLANGGA. (Ahmad Mustaqim)

Ternak Warga Gunungkidul Diterkam Hewan Liar

hewan ternak
Ahmad Mustaqim • 15 Januari 2019 12:09
Gunungkidul: Tujuh kambing milik warga Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mati dengan luka parah. Peristiwa ini terjadi dalam sepekan terakhir.
 
Kepala Polsek Girisubo, AKP Mursidiyanto mengatakan, ternak yang mati itu diduga diterkam hewan liar. Namun, belum ada saksi yang melihat hewan liar tersebut.
 
"Tak hanya tujuh ternak yang mati, ada tiga ekor (kambing) yang juga luka-luka di tubuhnya," kata Mursidiyanto saat dihubungi Selasa, 15 Januari 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mursidiyanto menjelaskan, banyak warga menduga jika hewan ternaknya diserang anjing liar. Sebab, ternak yang mati tersebut tidak dimakan, namun dicabik-cabik bagian tubuhnya.
 
"Pernah ada yang menggunakan anjing menjaga ladangnya dari ancaman kera. Mungkin, karena tak terurus anjing itu menjadi liar. Warga kami imbau ronda untuk mengantisipasi jika ada serangan susulan," jelas Mursidiyanto. 
 
Sementara itu Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Suseno Budi Sulistyanto mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan petugas kesehatan terdekat. Ia mengaku belum mengetahui secara rinci peristiwa yang merugikan warga pemilik ternak.
 
Ia mengimbau agar warga bisa menjaga keamanan ternaknya. Salah satunya dengan menempatkan kandang ternak tidak terlalu jauh dari tempat tinggal.
 
"Kami akan coba cari solusi untuk masalah ini karena hampir setiap tahun terjadi. Kami mencoba menggandeng sejumlah akademisi untuk membahasnya," ungkap Suseno.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif