Dhenik, pedagang daging ayam di Pasar Jepara Satu, Jawa Tengah, Jumat, 3 Mei 2019. Medcom.id/ Rhobi Shani..
Dhenik, pedagang daging ayam di Pasar Jepara Satu, Jawa Tengah, Jumat, 3 Mei 2019. Medcom.id/ Rhobi Shani.. (Rhobi Shani)

Harga Komoditas Pangan di Jepara Mulai Naik

kebutuhan pokok Ramadan 2019
Rhobi Shani • 03 Mei 2019 15:31
Jepara: Harga sejumlah komoditas pangan menjelang Ramadan di pasar-pasar di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah mengalami kenaikan. Pangan tersebut seperti bawang putih, daging ayam, cabai, dan gula pasir.
 
Kabag Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Jepara, Edi Marwoto menyampaikan, pihaknya menerjunkan tim pemantau ke tujuh pasar tradisional selama empat hari terakhir. Hasilnya, diketahui kenaikan harga bawang putih paling tinggi.
 
"Harga bawang putih yang paling tinggi ada di kisaran Rp75 ribu per kilogram. Itu yang kami ketemukan setelah tim kami turun ke lapangan," ujar Edi saat dihubungi Medcom.id, Jumat, 3 Mei 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Edi menjelaskan, naiknya harga bawang putih merupakan isu nasional. Oleh sebab itu, pihaknya menunggu langkah impor yang akan ditempuh oleh pemerintah pusat melalui Bulog.
 
"Kami pastikan sampai saat ini tidak ada penimbunan. Dan hal itu akan menjadai pengawasan kami," jelas Edi.
 
Pantauan Medcom.id di Pasar Jepara Satu (Ratu) Kabupaten Jepara. Harga bawah putih dan ayam potong naik hingga lebih dari Rp5.000 per kilogram.
 
Seorang pedagang di Pasar Ratu, Nur menyampaikan, mulai kemarin harga bawang putih naik Rp35 ribu per kilogram. Saat ini, harga bawang putih mencapai Rp80 ribu per kilogram. Sebelumnya, hanya Rp45 ribu per kilogram.
 
"Mulai hari ini. Kemarin masih Rp45 ribu. Gula pasir, cabai juga naik tapi tidak seberapa masih wajar," beber Nur.
 
Selain naik, stok bawang putih juga terbatas. Ditambahkan Nur, dalam sehari biasanya dia mendapat jatah 15 sampai 25 kilogram. Tapi, hari ini dia hanya mendapat jatah 5 kilogram untuk dijual.
 
"Katanya kalau tidak mau dengan harga segitu (Rp80 ribu) ya, sudah tidak usah jualan bawang. Dari sananya begitu," beber Nur.
 
Tidak hanya harga bawang putih, harga daging ayam untuk semua jenis juga mengalami kenaikan. Kenaikan daging ayam Rp5.000 hingga Rp10 ribu perkilogram.
 
Pedagang daging ayam di Pasar Ratu, Dhenik menyatakan, kenaikan harga daging ayam sudah terjadi sejak sebulan lalu. Namun, stok daging ayam dari peternak masih melimpah.
 
"Daging ayam potong naik Rp5.000. Biasanya Rp28 ribu naik menjadi Rp33 ribu. Ayam pejantan naik Rp10 ribu, dari Rp55 ribu naik menjadi Rp65 ribu," ungkap Dhenik.
 
Dhenik mengungkapkan, harga daging ayam diprediksi akan terus naik hingga pekan pertama Ramadan. Namun, pertengahan Ramadan harga daging ayam akan turun dan kembali naik saat jelang Lebaran.
 
"Yang sudah-sudah seperti itu. Di awal (Ramadan) naik terus turun, terus naik lagi. Tapi kalau setelah Lebaran harga mahal stoknya juga tidak ada, tapi kalau sekarang naik tapi stoknya ada," tandas Dhenik.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif