Alasan Prabowo Batal Hadir di Muktamar Pemuda Muhammadiyah

Ahmad Mustaqim 28 November 2018 19:43 WIB
muhammadiyah
Alasan Prabowo Batal Hadir di Muktamar Pemuda Muhammadiyah
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. MI/Pius Erlangga
Bantul: Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto batal mengisi salah satu sesi Muktamar ke-XVII Pemuda Muhammadiyah di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Rencananya Prabowo dijadwalkan mengisi acara pada Rabu, 28 November 2018.

Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Irfannusir Rasman mengungkapkan, keputusan pembatalan Prabowo mengisi acara lantaran Presiden Joko Widodo tak mengkonfirmasi kedatangan di acara tersebut. Panitia enggan mengambil risiko.

"Pak Prabowo dan Pak Jokowi ini kami undang dengan kapasitas mewakili tokoh masyarakat," kata dia di Sportorium UMY, Rabu, 28 November 2018.  


Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak juga sepakat dengan keputusan itu. Pihaknya enggan jika nanti kedatangan Prabowo menjadi polemik di kemudian hari. Hal serupa pernah terjadi saat tim sukses pasangan calon presiden-wakil presiden mengisi salah satu acara di Universitas Gadjah Mada (UGM) beberapa waktu lalu.

"Apalagi (Dahnil Anzar) kan Koordinator Juru Bicara Pak Prabowo. Kami juga dapat informasi kalau Pak Prabowo datang sendiri di UMY, keberatan karena (unsur) politisnya berpotensi tinggi," ujarnya.

Andai keduanya bisa hadir, ia melanjutkan, pihaknya merasa senang. Namun, jika Prabowo datang tanpa ada Jokowi akan dilematis. Pandangan publik pun akan bisa tak berimbang.

Ia mengaku tak ingin masalah di acara itu bisa berbuntut panjang. "Sebetulnya kami serba salah dengan posisi itu karena sudah mengundang," tuturnya.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id