TPID Yogyakarta Pastikan Stok Pangan Aman Hingga Awal 2019

Patricia Vicka 15 November 2018 19:11 WIB
pangan
TPID Yogyakarta Pastikan Stok Pangan Aman Hingga Awal 2019
Illustrasi. MI/Benny Bastiandy
Yogyakarta: Tim Pengendali Inflansi Daerah (TPID) Daerah Istimewa Yogyakarta memastikan stok bahan pangan tercukupi hingga awal 2019. Bahan pangan yang dipastikan tersedia hingga empat bulan ke depan adalah beras dan sayur mayur.

Ketua III TPID DIY Budi Hanoto mengatakan, stok bahan pangan akan tetap terjaga walaupun DIY sudah memasuki musim penghujan. Hingga kini stok beras yang dimiliki Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) DIY sekitar 12.300 ton.

"Kami yakin panen tetap bisa dilakukan di triwulan 1 2019. Sehingga makin menambah stok pangan di DIY," kata Budi dalam siaran pers, Kamis, 15 November 2018.


Budi menjelaskan, TPID sudah melakukan kerjasama dengan wilayah lain untuk memasok bahan pangan. Hal ini dilakukan guna menjaga lonjakan bahan pangan saat musim liburan akhir tahun tiba.

Demi menjaga kelancaran distribusi beras, TPID dan satgas pangan akan melakukan monitoring secara ketat ke gapoktan, distributor, gudang, dan kantong distribusi.

Sementara untuk cabai, sayuran, daging ayam dan daging sapi, TPID akan gencar melakukan operasi pasar demi meminimalisir meroketnya harga.  
"Kami akan memperkuat akurasi data stok dan harga di gapoktan dan sentra produksi. Supaya bisa terkontrol jumlahnya," ungkap Budi.

Masyarakat diminta untuk mencoba aneka lauk lainnya seperti ikan dan daging kerbau demi mengurangi konsumsi daging ayam dan sapi. TPID turut mendorong peningkatan penyediaan cold storage untuk menyimpan daging sapi dan ayam.

Berdasarkan catatan tim TPID, inflansi di DIY bulan Oktober sebesar 0,13 persen (month to month). Jumlah ini lebih rendah dibandingkan inflansi nasional yang sebesar 0,26 persen (month to month).



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id