Rumah instan, sehat, sederhana (Risha) yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Kabupaten Jepara. Medcom.id/Rhobi Shani
Rumah instan, sehat, sederhana (Risha) yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Kabupaten Jepara. Medcom.id/Rhobi Shani (Rhobi Shani)

Pemprov Jateng Berencana Tambah Rumah untuk Nelayan

nelayan perumahan
Rhobi Shani • 25 Januari 2019 16:44
Jepara: Sebanyak 90 rumah instan, sehat, sederhana (Risha) di Desa Kedung Malang Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, selesai dibangun. Rumah tipe 36 itu diperuntukan bagi nelayan miskin. Namun, tidak semua nelayan miskin dapat menikmati fasilitas itu.
 
Kepala Bidang Kawasan Permukiman pada Dinas Permukiman dan Perumahan Kabupaten Jepara Anisa Salmah menyebut rencana pengembangan Risha untuk menyasar lebih banyak KK. Jumlah nelayan miskin di Kabupaten Jepara sekitar 200 KK.
 
“Rencana pengembangan sudah ada. Baru saja kemarin kami sampaikan ke provinsi. Nanti (anggaran) lewat Banprov karena provinsi juga ingin meluaskan jaringan,” ujar Anisa, Jumat, 25 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah Kabupaten Jepara sudah menyiapkan lahan untuk pengembangan rumah. Lahan yang disiapkan seluas 1,4 hektare dan sudah diurug.
 
Lahan yang disiapkan Pemkab Jepara cukup untuk membangu sekitar 100 rumah. Harapannya semua nelayan miskin dapat menempati Risha dan dilengkapi ruang terbuka hijau dan jalan.
 
Sekretaris Desa Kedung Malang Vera Widia menyebut animo masyarakat tinggal di rumah Risha tinggi. Dari 90 unit rumah yang sudah selesai dibangun, lebih dari 100 KK yang mendaftar untuk tinggal di rumah tersebut.
 
“Kuotanya 90 terbagi dua tahap. Tahap pertama 40 rumah sudah siap ditempati. Tahap kedua kuotanya 50 rumah, tapi yang mendaftar ini sudah 70 lebih. Nanti Disperkim yang menyeleksi. Harapan kami semua warga miskin bisa menempati rumah tersebut,” ungkap Vera.
 
Pembangunan rumah Risha bagi nelayan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, diresmikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono. Rencananya, sebanyak 200 rumah dibangun di Desa Kedung Malang Kecamatan Kedung.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi