Gerbang Tol Ngemplak
Gerbang Tol Ngemplak (Pythag Kurniati)

Tol Solo-Ngawi Bisa Ditempuh 1 Jam

pembangunan infrastruktur transjawa Tol Trans-Jawa
Pythag Kurniati • 24 Januari 2019 14:28
Solo: Proyek jalan tol ruas Solo-Ngawi telah rampung dikerjakan. Kini perjalanan dari Solo ke Ngawi dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 jam. Biasanya, perjalanan Solo-Ngawi dengan mengendarai mobil di jalur reguler pada siang hari memerlukan waktu sekitar 2,5 jam.
 
Direktur Utama PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN) David Wijayatno mengatakan, pembangunan jalan tol sepanjang 90 kilometer itu menghabiskan total dana sekitar Rp7 triliun.
 
Adapun jalan tol telah beroperasi penuh sejak akhir Desember 2018, setelah Presiden Joko Widodo meresmikan ruas Sragen-Ngawi. "Pembayarannya langsung kita terapkan nontunai," kata David, Kamis, 24 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski telah tersambung, PT. JSN masih akan membangun tiga simpang susun sebagai gerbang tol baru. Tiga lokasi tersebut berada di Bandara Adi Soemarmo, Gondangrejo, dan Sragen Timur.
 
Di Bandara Adi Soemarmo, pembangunan simpang susun masih terkendala pembebasan lahan milik TNI AU. "Namun kita sudah bisa mulai di lahan yang kosong dulu, progresnya sudah 80 persen," ujar David.
 
Di Sragen Timur, simpang susun akan dibangun di Kecamatan Sambungmacan. "Di sini belum dimulai, masih proses pembebasan lahan," katanya.
 
Sedangkan di Gondangrejo, JSN akan membangun simpang susun di Jalan Solo-Purwodadi. Progres pembangunan ini sudah mencapai 95 persen.
 
"Akhir Februari 2019 kita targetkan selesai. Maret sudah bisa operasi," pungkasnya.
 
Salah seorang warga, Riyan mengaku keberadaan tol sangat menunjang mobilitas masyarakat. "Jarak tempuh lebih singkat dan lebih nyaman melalui tol," kata warga Serengan, Kota Solo tersebut.
 
Riyan berharap keberadaan infrastruktur integrasi antardaerah ini pun mampu berdampak pada hal-hal lainnya. "Misalnya menggerakkan ekonomi masyarakat," tutur dia.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif