Ketua Panitia PBTY 2019, Harry Setyo. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Ketua Panitia PBTY 2019, Harry Setyo. Medcom.id/Ahmad Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Yogyakarta Gelar Pekan Budaya Tionghoa

imlek
Ahmad Mustaqim • 11 Februari 2019 20:39
Yogyakarta: Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) akan menjadi bagian dalam kampanye dunia pariwisata Indonesia. Dengan tajuk 'Wonderful Indonesia' PBTY menjadi salah satu unsur untuk menarik minat wisatawan.
 
Ketua Jogja Chinese Art and Culture Centre Yogyakarta, Harry Setyo, mengatakan PBTY mendapatkan sebuah kejutan dengan kondisi itu. Menurut dia, agenda budaya ini cukup banyak menarik minat kunjungan wisatawan.
 
"Surprise kita, PBTY menjadi salah satu even empat besar pesona Indonesia. Diprogramkan untuk go to wonderful Indonesia," ujarnya di Komplek Balaikota Yogyakarta, 11 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PBTY 2019 akan digelar pada 13-19 Februari. Selama pagelaran itu, akan disertai dengan berbagai atraksi budaya.
 
Salah satu atraksi budaya yakni karnaval pada 16 Februari 2019. Karnaval ini menyuguhkan tiga naga raksasa. Satu dari tiga naga raksasa tersebut merupakan naga sepanjang 162 meter dari Yogyakarta.
 
Sementara, dua naga raksasa di antara naga Nusantara sepanjang 67 meter dari Tangerang dan naga hijau sepanjang 90 meter dari Magelang.
 
Lalu, ada enam reog Ponorogo yang salah satunya pernah juara di Jawa Timur. Satu reog raksasa tersebut ada tiga kepala (burung) merak.
 
Menurut Harry, penyelenggaraan PBTY berlangsung lebih lama sejak tiga tahun lalu.  Acara yang semula hanya berlangsung lima hari, kini menjadi tujuh hari penuh. "Dalam sehari, minimal lima jam penuh diisi acara," ujar Harry.
 
Panitia juga memperbanyak penyediaan stan di acara PBTY. "Dulunya stan hanya tersedia di Ketandan Timur dan Barat, sekarang bertambah hingga Ketandan Utara dan Selatan. Ada berbagai macam kuliner dan pernak-pernik khas di sana," pungkasnya.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi