Pemohon SKCK mengantre di Mapolres Kudus. Medcom.id/Rhobi Shani
Pemohon SKCK mengantre di Mapolres Kudus. Medcom.id/Rhobi Shani (Rhobi Shani)

Permohonan SKCK untuk Kuliah Meningkat

SNMPTN/SBMPTN 2019
Rhobi Shani • 21 Juni 2019 16:42
Kudus: Pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, membludak. Jumlah pemohon bisa mencapai 500 orang tiap harinya.
 
Pemohon memadati kursi yang ada di ruang layanan SKCK di Mapolres Kudus Desa Klaling, Kecamatan Jekulo. Banyak juga yang menunggu giliran dengan berdiri. Tidak hanya itu, pemohon juga tampak memadati teras ruang layanan.
 
Anita, pemohon SKCK, sudah tibah dari pukul 07.00 di Mapolres Kudus. SKCK akan digunakan untuk keperluan administrasi mendaftar ke perguruan tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Salah satu syarat mendaftar ke perguruan tinggi harus pakai SKCK. Tadi sampai sini sudah banyak yang antre,” kata Anita, Jumat, 21 Juni 2019.
 
KBO Satintelkam Polres Kudus Iptu Heri Purwanto mengatakan, padatnya antrean pemohon SKCK terjadi sejak awal musim liburan sekolah. Pihaknya mengeluarkan 170 lembar SKCK baru tiap harinya. Sedangkan bagi yang hendak perpanjang diusahakan terlayani semua.
 
Sekitar 500 pemohon dilayani sesuai nomor antrean. Untuk pemohon SKCK baru ketika nomor urut sudah habis akan dilanjutkan hari berikutnya. Dengan sistem ini, diharapkan semuanya bisa dilayani.
 
“Kami pastikan semuanya bisa terlayani. Dengan sistem ini masyarakat mengetahui kapan harus datang ke sini lagi sesuai dengan pembagian nomor antrean,” terang Heri.
 
Dalam melayani pemohon SKCK tidak ada kendala yang cukup berarti. Untuk pemohon SKCK baru harus datang ke Mapolres, karena dibutuhkan sidik jari yang hanya bisa dilakukan tim Inafis Polres Kudus.
 
“Kalau memang instansi yang dituju tidak menyaratkan tidak harus Polres yang mengeluarkan SKCK, maka bisa melalui Polsek sesuai domisili,” tandas Heri.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif