ketersedian wastafel di berbagai titik di Terminal Tirtonadi
ketersedian wastafel di berbagai titik di Terminal Tirtonadi (Pythag Kurniati)

Tirtonadi Solo Jadi Percontohan Terminal Sehat

terminal bus
Pythag Kurniati • 29 Mei 2019 17:46
Solo: Terminal Tipe A Tirtonadi Solo menjadi percontohan terminal sehat. Sejumlah fasilitas di terminal itu sudah diuji dan memenuhi standar kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).
 
Hal tersebut merupakan bagian dari program terminal sehat yang digarap Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama kementerian lain, termasuk perusahaan BUMN dan swasta.
 
Penetapan dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono bersama Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes Kirana Pritasari dalam acara peluncuran program terminal sehat, Rabu, 29 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini program keroyokan pemerintah, perusahaan BUMN, ada Bank Mandiri dan swasta ada Unilever. Setelah ini akan kita dorong terminal lain mengikuti," kata Sasono.
 
Terminal di Solo ini memang telah lama menjadi percontohan dalam bentuk infrastruktur maupun pelayanannya. "Ini memang terminal rasa bandara," ujar dia.
 
Beberapa fasilitas yang menjadi penilaian adalah kebersihan toilet, tersedianya wastafel di berbagai titik hingga kebersihan kios makanan. Dalam peluncuran itu, mereka juga menempelkan stiker tanda kios tersebut berstandar kesehatan.
 
Terlihat di setiap kios sudah menata makanannya dengan bersih dan tertutup dari lalat. Para penjual pun terlihat mengenakan masker dan sarung tangan saat menyajikan makanan.
 
Kirana Pritasari mengatakan terminal yang merupakan tempat berkumpulnya penumpang, sopir dan pedagang dapat tetap nyaman dan terjaga kebersihannya. "Selanjutnya program ini akan berlanjut ke terminal tingkat provinsi maupun kota," ujar dia.
 
Kemenkes melalui Dinas Kesehatan di provinsi atau kota/kabupaten juga turut membina para pedagang agar standar tersebut dapat terus terjaga. "Pembinaan ini terus kita kembangkan ke terminal lain," kata dia.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif