Ibu Negara Iriana Jokowi menghadiri acara sosialisasi deteksi dini kanker serviks di Semarang, Jumat, 4 Januari 2018, Medcom.id - Budi Arista
Ibu Negara Iriana Jokowi menghadiri acara sosialisasi deteksi dini kanker serviks di Semarang, Jumat, 4 Januari 2018, Medcom.id - Budi Arista (Budi Arista Romadhoni)

Ibu Negara Sosialisasikan Deteksi Dini Kanker di Semarang

kanker serviks
Budi Arista Romadhoni • 04 Januari 2019 13:58
Semarang: Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) melakukan kunjungan kerja ke Kota Semarang, Jawa Tengah. Ibu Negara meninjau kegiatan tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) atau pemeriksaan leher rahim di Puskesmas Karangmalang, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.
 
"Ini ibu-ibu ke sini dipaksa atau kemauan sendiri," tanya Iriana kepada ibu-ibu peserta tes IVA, Jumat 4 Januari 2018. 
 
Para ibu-ibu yang hadirpun menjawab serentak dan kompak "Tidak, kami ingin sehat," jawabnya.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Iriana berpesan, pemeriksaan IVA untuk kepentingan wanita. Tujuannya mendeteksi secara dini kanker serviks atau rahim.
 
Selain itu, Ibu Negara juga mengunjungi gerakan minum susu, dari dinas pertanian dan peternakan Kota Semarang. Ia berpesan, anak-anak harus minum dan makanan yang bergizi. 
 
"Minum susu yang banyak, dihabiskan, biar sehat dan pintar. Ibu pesan, Jangan lupa berdoa, kedua jangan lupa belajar, bener ya harus belajar,  terakhir jangan lupa olahraga,"ujarnya. 
 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Widoyono mengaku tes IVA bisa dilakukan di Puskesmas terdekat. Bagi warga Kota Semarang yang sudah memiliki jaminan asuransi BPJS tidak dikenakan biaya. 
 
"Iva tes Ini untuk deteksi dini aja, syaratnya adalah wanita yang sudah menikah. Setahun sekali harus periksa. 2018 kemarin kota semarang sudah memeriksa 2.450an, yang postif 83 orang kangker rahim dan diobati," katanya.  
 
Ia menghimbau, masyarakat khususnya wanita untuk tidak takut memeriksakan diri. Tujuannya mendeteksi dini, agar bisa diobati. 
 
"Silahkan masyarakat periksa IVA, pencegahan lebih baik. Sekarang penderita kanker servik di semarang mencapai 161, ini yang kita temukan. Sosialisasi kita jalankan terus, berbagai media kami informasikan," tandasnya. 
 
Sementara itu, Kepala Puskesmas Karangmalang, Anasih R mengaku sangat senang, mendapat kunjungan dari Ibu Negara. Masyarakat menjadi antusias memeriksakan diri. 
 
"Ini dari 14 kelurahan, ada 200 peserta yang mau diperiksa. Mereka ibu ibu sebenernya mau diperiksa, namun jadwalnya yang tidak setiap hari, ini sangat antusias," bebernya. 
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif