Bagian Talut Bantaran Sungai Code Ambrol
Seorang warga menunjukkan lokasi talut yang ambrol. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Yogyakarta: Talut di tepian Sungai Code, Kota Yogyakarta, ambrol pada Rabu, 5 Desember 2018. Bagian talut sepanjang 20 meter dengan ketinggian 6 meter ambles di RT 59, RW 18 Kelurahan Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan .

Ketua RW 18 Wikan Eko Pramuji mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 06.00 WIB. Ia menduga ambrolnya tanggul akibat sudah berkondisi rapuh.

"Mungkin ini akumulasi dari beberapa kali (menahan) banjir. Kami juga sudah tahu, tapi belum sempat ada perbaikan," kata Wikan di dekat lokasi kejadian.


Ambrolnya tanggul itu mengakibatkan sebuah balai RW dan tujuh rumah warga tak bisa ditempati. Tak ada korban dalam kejadian itu.

Sebanyak enam KK beranggotakan 24 jiwa harus mengungsi akibat kejadian itu. "Mereka ada yang mengungsi di rumah kerabat atau saudaranya yang tempatnya lebih aman," kata dia.

Kerugian materiil ditaksir sekitar Rp50 juta. Talut diperkirakan baru bisa diperbaiki tahun depan.

Sukandar, seorang warga terdampak, mengatakan bagian dapur rumahnya ambrol. Ia mengaku seperti mendengar gemuruh saat kejadian.

"Itu pas saya memasak air. Enggak tahu juga, tanahnya belum retak. Tapi barang-barang penting bisa diselamatkan," ucapnya.
 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id