Ganjar Pastikan Pendaftar Melalui SKTM Terverifikasi

Budi Arista Romadhoni 10 Juli 2018 13:03 WIB
PPDB 2018
Ganjar Pastikan Pendaftar Melalui SKTM Terverifikasi
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (ANT/Wibowo Armando)
Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjamin semua Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) yang menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) terverifikasi.

Gebernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengaku sudah memerintahkan seluruh jajarannya untuk memverifikasi SKTM para pedaftar.

"Kita liat dari teman-teman daerah sudah melakukan verifikasi dengan bagus, tapi terus terang ada juga yang kurang serius. Maka ini seharian full harus diverifikasi dan dilaporkan ke saya langsung," kata Ganjar saat menyambangi Kantor Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Jawa Tengah, Semarang, Selasa, 10 Juli 2018.


Ganjar menegaskan, tak segan mencoret pendaftar yang memanfaatkan penggunakan SKTM. Sementara pendaftar adalah golongan mampu. Menurutnya, dari 62.456 pendaftar menggunakan SKTM hanya 26.507 yang lolos sampai saat ini.

"Sebagaian besar kita coret," tegasnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berbohong dengan membuat SKTM abal-abal. Menurutnya, adanya verifikasi akan mendidik dua hal yakni agar orang tua tak mendidik anaknya berbohong hanya karena ingin dapat masuk ke sekolah tertentu.

"Kedua, pemerintah juga berkeinginan sekolah swasta juga terisi. Berikutnya mendidik kami sendiri di birokrasi lebih bekerja profesional," ucapnya.

Sementara itu, dia mengaku masih ada masalah lantaran aturan sekolah bisa menerimam siswa miskin minimal 20 persen tanpa batas maksimal. Sehingga menjadi polemik. Ganjar berniat menemui Mentetri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

"Ini harus diatur untuk tahun depan.  Secara sosiologis tidak aplikatif di masyarakat, yang miskin akan kita seleksi sendiri atau kasih beasiswa saja agar bisa sekolah," tandasnya.



(LDS)