Jalur Pendakian Gunung Merapi Ditutup Sementara
Erupsi Gunung Merapi, Magelang, Jawa Tengah, terlihat dari kejauhan. (Foto: dok/Istimewa)
Jakarta: Kepala Bidang Operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Endro Sambodo mengatakan hingga saat ini jalur pendakian Gunung Merapi ditutup untuk sementara. Kegiatan pendakian sangat tidak disarankan.

"Update informasi per pukul 09.35 WIB radius aman sudah dikurangi sampai 2 kilometer. Khusus untuk pendakian belum disarankan sama sekali," ujarnya melalui sambungan telepon dalam Breaking News, Jumat, 11 Mei 2018.

Endro mengonfirmasi pada Jumat pagi sempat ada informasi bahwa sekitar 120 orang berencana mendaki. Dari jumlah tersebut sekitar 50 orang sudah berada di area Pasar Bubrah.


Dia memastikan pendaki, baik yang sudah melakukan perjalanan atau yang masih berada di titik awal pendakian, sudah diimbau untuk tidak melanjutkan perjalanan. Saat ini seluruh pendaki sudah dievakuasi.

"Jumlah itu sudah dikonfirmasi dan tidak ada pendaki yang terluka. Semuanya sudah dievakuasi dan jalur pendakian ditutup," jelas dia.

Endro menambahkan saat ini suasana di sekitar Gunung Merapi berangsur normal. Sejumlah warga yang sebelumnya mengungsi satu per satu mulai kembali ke rumahnya masing-masing.





(MEL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id