Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Gondang di Kecamatan Kerjo, Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis, 2 Mei 2019. Medcom.id/ Pythag Kurniati.
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Gondang di Kecamatan Kerjo, Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis, 2 Mei 2019. Medcom.id/ Pythag Kurniati. (Pythag Kurniati)

Jokowi Resmikan Bendungan Gondang di Karanganyar

bendungan
Pythag Kurniati • 02 Mei 2019 13:54
Karanganyar: Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Gondang di Kecamatan Kerjo, Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis, 2 Mei 2019. Nantinya bendungan ini akan mengairi dua kabupaten, yakni Karanganyar dan Sragen.
 
Peresmian ditandai dengan penekanan tombol oleh Jokowi dan ibu negara Iriana Jokowi. Kemudian Jokowi menandatangani prasasti peresmian. Usai meresmikan, Jokowi lalu meninjau bendungan dari atas jalur inspeksi. Kemudian Jokowi beserta rombongan meninjau turun ke dasar bendungan.
 
Jokowi mengatakan bendungan segera bisa dimanfaatkan warga setelah dipenuhi dengan air. "Nanti air akan mulai menggenang dan kita harapkan bulan September sudah penuh," kata Jokowi di lokasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bendungan yang berdaya tampung 9 juta meter kubik tersebut akan mengairi 4.680 hektare lahan di dua kabupaten. Porsinya akan lebih banyak mengalir ke Sragen daripada ke Karanganyar.
 
Jokowi berharap bendungan ini dapat meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat sekitar.
 
"Biasanya yang panen satu kali jadi dua kali, yang panen dua kali bisa tiga kali, yang tiga kali bisa meningkat," jelas Jokowi.
 
Hadir dalam peresmian, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif