Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan istrinya. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan istrinya. Medcom.id/Ahmad Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Pernikahan Putra Paku Alam X Momen Rawat Kebudayaan

keraton yogyakarta
Ahmad Mustaqim • 05 Januari 2019 11:47
Yogyakarta: Sejumlah kepala daerah menghadiri resepsi pernikahan putra pertama Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X, Bendoro Pangeran Haryo (BPH) Kusumo Bimantoro dengan Maya Lakshita Noorya. Salah satunya Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang tampak hadir bersama dengan istri, Nina Kirana Soekarwo.
 
Hadir pula Bupati Bantul, Suharsono beserta istri. Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.
 
Soekarwo mengatakan pernikahan pernikahan putra Wakil Gubernur DIY ini menjadi bagian dari merawat kebudayaan. Meski berbeda provinsi, lelaki yang akrab disapa Pakde Karwo ini mengaku cukup dekat dengan Paku Alam X.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya kira (pernikahan) ini suatu proses pernikahan tapi juga proses budaya. Kita sangat dekat dengan pak Wagub. Dekat sejak lama, dalam konteks kebudayaan Jawa," ujarnya.
 
Lelaki kelahiran Kota Madiun ini mendoakan kedua mempelai bisa berbahagia. "Selamat menempuh hidup baru. Saya pakde Karwo dan budhe Karwo mengucapkan selamat," kata dia.
 
Sementara, Haryadi mendoakan Kusumo dan Maya bisa menjadi keluarga sakinah, mawadah, dan warahmah bahagia. Ia mengatakan seluruh prosesi pernikahan itu menjadi referensi masyarakat yang melaksanakan proses pernikahan.
 
Ia mengungkapkan, seluruh prosesi pernikahan bisa diabadikan lewat tulisan maupun video. Menurut dia, ini bisa menjadi dokumentasi budaya.
 
Kusumo dan Maya telah melakukan akad nikah di Masjid Agung Pakualaman, Yogyakarta, Sabtu pagi, 5 Januari 2019. Usai akad, dilanjutkan prosesi Panggih atau mempertemukan kedua mempelai. Kemudian dilanjutkan resepsi.
 

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi