Salah satu spanduk larangan melakukan kegiatan kampanye politik di Solo Car Free Day. Attachments area
Salah satu spanduk larangan melakukan kegiatan kampanye politik di Solo Car Free Day. Attachments area (Pythag Kurniati)

Car Free Day di Solo Dijamin Bebas Politik

piala oscar
Pythag Kurniati • 06 Mei 2018 16:18
Solo: Pemerintah Kota Surakarta menegaskan, hari bebas kendaraan Minggu pagi (Solo Car Free Day) bersih dari kegiatan-kegiatan politik. Menindaklanjuti komitmen tersebut, dibentuk tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Panwaslu, kepolisian dan TNI.
 
Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP Surakarta Arif Dharmawan memaparkan, tim gabungan siap membubarkan kegiatan politik praktis yang berlangsung di sepanjang jalan Solo Car Free Day. Hal tersebut, lanjutnya, sesuai dengan SE Wali Kota Surakarta.
 
"Bahwa Solo Car Free Day hanya digunakan untuk olahraga. Kegiatan lain harus ada izin," ungkapnya kepada wartawan, Minggu, 6 Mei 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca, Yasonna: Car Free Day untuk Olahraga
 
Sebab, kata dia, Solo Car Free Day adalah milik publMenindaklanjuti komitmen tersebut, dibentuk tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Panwaslu, kepolisian dan TNI.ik. Sehingga kenyamanan publik harus diutamakan.
 
Tim gabungan pun memasang spanduk peringatan di 15 titik setiap Solo Car Free Day digelar. Spanduk tersebut bertuliskan 'Larangan Melakukan Kegiatan Kampanye Politik dan Sara di Sepanjang Jalan Car Free Day'.
 
Sementara Divisi Penindakan Panwaslu Poppy Kusuma mengemukakan jika ditemukan kegiatan kampanye atau orasi politik di Solo Car Free Day, maka pihaknya langsung mengambil sikap tegas. "Kita hentikan, kita bubarkan," katanya.
 
Namun khusus mengenai penggunaan atribut seperti kaus yang berbau dukungan politik terkait Pilpres 2019, Poppy mengaku belum dapat menindak kecuali dengan teguran. Sebab regulasi tentang hal tersebut belum diatur.
 
"Misalnya kemarin ada mahasiswa memakai kaus dukungan tertentu untuk pilpres. Walaupun mereka tidak orasi politik, saya tegur untuk menggantinya," beber dia.
 


 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif