Pemerintah Kota menambahkan 10 armada baru Bus Trans Semarang rute Bandara Ahmad Yani. Medcom.id/Mustholih
Pemerintah Kota menambahkan 10 armada baru Bus Trans Semarang rute Bandara Ahmad Yani. Medcom.id/Mustholih (Mustholih)

Trans Semarang Dapat 'Suntikan' 10 Bus Baru

angkutan umum
Mustholih • 18 Februari 2019 18:45
Semarang: Pemerintah Kota mendapat 10 bus baru untuk Trans Semarang rute Bandara Ahmad Yani-Meteseh dan Bandara Ahmad Yani-Bundaran Simpang Lima. Operasional Bus Trans Semarang rute Bandara-Meteseh bakal dibuka mulai pukul 05.30 hingga 17.50 WIB, sedangkan rute Bandara-Simpang Lima mulai pukul 18.00 hingga 24.00 WIB.
 
"Kami terus mendorong transportasi massal yang aman dan nyaman untuk masyarakat. 10 armada baru ini untuk mendukung pelayanan koridor bandara," kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Semarang, Jawa Tengah, Senin, 18 Februari 2019.
 
Sepuluh unit bus Trans Semarang itu merupakan bantuan Kementerian Perhubungan yang diterima pada 8 Desember 2018. Namun, bus ini baru siap dioperasikan 1 Maret 2019 karena dilengkapi layar LED, GPS, dan alat komunikasi  pengemudi dengan operator.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekarang sedang menjalani proses kelengkapan administrasi dan cek ulang teknis kendaraan. Nantinya Trans Semarang akan melaju dengan jarak antar armada sekitar 10 hingga 15 menit pada kondisi lalu lintas normal," ujar Hendrar Prihadi menegaskan.
 
Harga tiket Trans Semarang rute Bandara dipatok Rp3.500 untuk umum dan Rp1.000 untuk pelajar. Meski begitu, Hendrar Prihadi, meminta kepada Pengelola Trans Semarang untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi penumpang.
 
"Saya minta pengelola melakukan peningkatan kenyamanan armada bagi masyarakat,” tegas Hendrar Prihadi.
 
Di Bandara Ahmad Yani, shelter Bus Trans Semarang hanya berjarak 25 meter dari pintu kedatangan. Kepala Badan Layanan Umum (BLU) UPTD Trans Semarang Ade Bhakti Ariawan menyatakan jarak ini bakal mempermudah calon penumpang di Bandara.
 
"Selain jarak yang dekat, shelter di Bandara Ahmad Yani juga dilengkapi ruang tunggu yang tertutup dan ber-AC. Di dalam shelter, kami telah menempatkan petugas agar penumpang  bisa mendapat informasi mengenai Trans Semarang," jelas Ade.
 
Menurut Ade, Trans Semarang rute Bandara sudah beroperasi pada 6 Juni 2018. Hingga kini, Trans Semarang sudahvmelayani 105.940 penumpang dari shelter Bandara Ahmad Yani.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi