Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan kunjungan kerja di Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu, 4 Mei 2019. Medcom.id/ Ahmad Mustaqim.
Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan kunjungan kerja di Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu, 4 Mei 2019. Medcom.id/ Ahmad Mustaqim. (Ahmad Mustaqim)

Jusuf Kalla Menjajal Yogyakarta International Airport

bandara kunjungan kerja
Ahmad Mustaqim • 04 Mei 2019 12:12
Kulon Progo: Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan kunjungan kerja di Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu, 4 Mei 2019. Jusuf Kalla melakukan penerbangan dan mendarat di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo.
 
Jusuf Kalla mendarat dengan Pesawat Khusus Kepresidenan BAe-RJ 85 di YIA sekitar pukul 08.00 WIB. Usai pendaratan, ia berkeliling di sejumlah sudut bandara yang sudah operasional. 
 
"(Bandara YIA) membanggakan dan cepat. Ini jadi bandara paling modern di Indonesia," kata Kalla di lokasi. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kalla menilai proyek pembangunan YIA luar biasa. Meskipun, pembangunan bandara belum sepenuhnya selesai. Menurut Kalla, pendaratan di landasan YIA sepanjang 3250 meter dan lebaran 75 meter sangat nyaman. 
"Baru 50 persen saja sudah begini. Tadi pendaratannya bagus. Mulus. Terasa kan runaway-nya bagus," ujar Kalla. 
 
Kalla menilai operasional bandara YIA bisa bertahap dilakukan. Penerbangan internasional, bisa dilakukan setelah proyek pembangunan total. 
 
"Harapannya bisa memajukan Jogja dan Jawa tengah sebagian besar. Ini nanti fasilitas pendukungnya akan dilengkapi," beber Kalla.
 
Bandara YIA sudah dinyatakan siap beroperasi untuk penerbangan domestik. Ujicoba penerbangan maskapai komersial telah dilakukan maskapai Citilink pada Kamis, 2 Mei 2019. 
 
Maskapai tersebut telah menyatakan akan membuka penerbangan komersial dari Bandara Halim Perdanakusuma-YIA mulai 6 Mei 2019. Citilink akan diikuti sejumlah maskapai lain, seperti Batik Air dan Lion Air.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif