ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id (Rhobi Shani)

Desa Tertinggal di Jepara Berkurang

dana desa
Rhobi Shani • 17 Januari 2019 14:52
Jepara: Kabupaten Jepara Jawa Tengah terdiri atas 184 desa. Dari jumlah tersebut, berdasarkan perhitungan penetapan jumlah dana desa, 23 desa di antaranya merupakan desa tertinggal.
 
Kepala Bidang Penguatan Lembaga Masyarakat dan Desa pada Dinsospermades Jepara, Ferry Yudha Adi Darma menyampaikan, jumlah dana desa yang digelontorkan untuk daerah salah satu indikatornya ditentukan dari jumlah desa tertinggal. Tahun lalu, jumlah desa tertinggal 28 desa. Tahun ini turun menjadi 23 desa.
 
“Kalau melihat indikator itu berarti ada keberhasilan dana desa dalam memajukan desa,” kata Ferry ditemui di ruang kerjanya, Kamis, 17 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski jumlah desa tertinggal mengalami penurunan, Ferry melanjutkan, bukan berarti jumlah dana desa yang digelontorkan di Bumi Kartini berkurang. 
 
Dana Desa yang diterima Kabupaten Jepara pada tahun ini meningkat. Tahun 2018, pemerintah pusat menggelontorkan anggaran Rp190 miliar. Tahun ini, anggaran sebesar Rp234 miliar digelontorkan untuk desa-desa di Jepara.
 
“Jepara ini unik, semua jenis IDM (indek desa membangun) ada di Jepara. Itu sebabnya, pada akhir tahu lalu Kemendes melakukan penelitian berkait manfaat dana desa di Jepara. Hasil penelitian seperti apa kami tidak tahu,” kata Ferry.
 
Desa yang menjadi objek penelitian yaitu, Desa Gemulung sebagai desa sangat tertinggal. Desa Pancur sebagai desa tertinggal. Desa Tanjung sebagai desa maju. Serta Desa Karimunjawa sebagai desa berkembang.
 
Data yang diterbitkan Badan Pusat Statistik, jumlah warga miskin mengalami penurunan tiap tahunnya. Hingga 2017, persentase warga miskin di Kota Ukir sebanyak 8,12 persen. Tahun sebelumnya, persentasi warga miskin sebesar 8,35 persen.
 
“Indikator penurunan itu apakah dana desa ada dampaknya apa tidak, kami tidak tahu. Yang pasti, beberapa desa warganya merasakan dampak positifnya setelah ada dana desa,” pungkas Ferry.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif