Kota Tegal Terima Penghargaan Pelayanan Publik
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Syafrudin, memberikan penghargaan kepada walikota Tegal, M Nursholeh. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Tegal: Tiga instansi pelayanan di Pemerintah Kota Tegal, Jawa Tengah, meraih penghargaan dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Mereka adalah RSUD Kardinah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)

Penghargaan diberikan secara langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Syafrudin, di Rafflesia Grand Ballroom Balai Kartini, Jakarta Selatan, Selasa, 27 Nopember 2018.

“Saat ini adalah saatnya pemerintah memberikan kepuasan kepada masyarakat dalam pelayanan publik. Paradigma dulu sudah bukan jamannya lagi. Jika paradigma dulu lebih berorientasi dengan mengutamakan kepentingan pemerintah atau organisasi,” kata Wali Kota Tegal, M Nursholeh, Rabu, 28 Nopember 2018, di Tegal.


Ia mengatakan, penghargaan yang diraih merupakan persembahan untuk kota Tegal, atas kerja keras Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam bidang pelayanan publik. Ia mendorong kepada semua OPD untuk terus berinovasi dan terobosan-terobosan dalam bidang pelayanan publik agar bisa memberikan pelayanan prima untuk Kota Tegal.

Sebelum mengakhiri masa jabatannya, Ia ingin meletakan pondasi yang kuat untuk dilanjutkan oleh kepala daerah yang akan datang. Sehingga diharapkan kepala daerah selanjutnya bisa lebih meningkatkan pelayanan kepada publik.

Menurut Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Tegal, M Ismail Fahmi, penghargaan tersebut merupakan Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik tahun 2018 yang dilaksanakan Kemenpan RB dari awal tahun 2018. Menurutnya, saat persyaratan administrasi dinyatakan lolos, tim penilai melakukan penilaian lapangan pada bulan Maret 2018.

“Ada tiga Kategori bagi kabupaten kota yang mendapatkan penghargaan, untuk penghargaan yang utama adalah daerah yang hasil nilai evaluasi pelayanan publik pada ketiga instansi tersebut mendapatkaan nilai A, dan untuk kategori kedua adalah daerah dimana dua dari tiga instansi tersebut mendapat nilai A dan kategori ketiga adalah daerah yang hanya satu instansinya saja yang mendapat nilai A,” ungkapnya.

Kota Tegal mendapat penghargaan kategori yang kedua, dimana dua Instansinya mendapat nilai A beserta 24 daerah lainnya. Fahmi berharap ketiga OPD yang sudah baik dalam pelayanan kepada masayarakat bisa menjadi contoh untuk OPD lain dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.
 



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id