BPBD dan Warga Jepara Tanam Belasan Ribu Pohon
Penanaman 10.000 pohon sebagai bentuk aksi pengurangan risiko bencana di Desa Tempur Kecamatan Keling Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Medcom.id/Rhobi Shani
Jepara: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menanam belasan ribu bibit pohon bersama warga di tiga desa. Yaitu warga Desa Tempur Kecamatan Keling, Desa Batukali Kecamatan Kalinyamatan, dan Desa Bungu Kecamatan Mayong. Penanampohon ini sebagai bentuk pengurangan risiko bencana.

Kepala BPBD Kabupaten Jepara, Arwin Nor Isdiyanto menyampaikan, lokasi penanaman pohon di tiga desa yang sudah ditetapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai desa tangguh bencana. Penanaman pohon ini sebagai aksi nyata pengurangan risiko bencana.

Lantaran letaknya berada di kawasan pegunungan Muris, Desa Tempur Kecamatan Keling berisiko bencana tanah longsor dan banjir. Begitu juga dengan Desa Bungu Kecamatan Mayong. Sementara, Desa Batukali Kecamatan Kalinyamatan berisiko banjir.


"Di Tempur 10.000 bibit pohon keras yang ditanam. Di Bungu ada sekitar 500 bibit pohon ditambah dari desa. Kemudian di Batukali juga sama ada sekitar 500 bibit pohon, terus kami bersama-sama warga juga bersih-bersih sungai," ujar Arwin, Rabu, 27 November 2018.

Beberapa jenis bibit pohon yang ditanam yaitu, pohon sengon laut, trembesi, ketapang, jati, dan mahoni. Lokasi penanaman berada di kawasan rawan longsor. Di Desa Tempur, penanaman bibit pohon berada di Dukuh Pekoso, Sawah Bokor, Petung, dan Duplak.

"Penanaman pohon di dukuh-dukuh yang tahun kemarin mengalami longsor. Dan sebagaian besar wilayah Desa Tempur memang rawan longsor," tandas Arwin.

 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id