Bupati Idza Priyanti meninjau lokasi UKK Imigrasi di Brebes, Jawa Tengah, Rabu, 2 Januari 2019. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi).
Bupati Idza Priyanti meninjau lokasi UKK Imigrasi di Brebes, Jawa Tengah, Rabu, 2 Januari 2019. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi). (Kuntoro Tayubi)

Brebes akan Memiliki Kantor Imigrasi

paspor
Kuntoro Tayubi • 02 Januari 2019 16:47
Brebes: Kantor Imgrasi kelas II Non TPI Pemalang akan membuka Unit Kerja Keimigrasian (UKK) di Brebes, Jawa Tengah dalam waktu dekat. Hal ini untuk menunjang pelayanan warga pesisir pantura dalam mengurus dokumen keimigrasian.
 
"UKK Imigrasi Kelas II Pemalang di Kabupaten Brebes bakal beroperasi Januari 2019. Untuk itu saya mendesak kepada rekanan agar percepatan pengerjaan renovasi dan penyediaan fasilitas selesai cepat dan berkualitas," kata Bupati Brebes, Idza Priyanti saat dikonfirmasi, Rabu, 2 Januari 2019.
 
Idza menjelaskan, meskipun kantor tersebut berdiri di walayahnya, namun Sumber Daya Manusia (SDM) berasal dari Kantor Imigrasi Pemalang. Ia meminta pengerjaanya dipercepat dan fasilitas yang belum ada segera disediakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah setempat akan segera meresmikannya pada 26 Januari 2019 mendatang. UKK Imigrasi Brebes ini, menempati gedung rumah dinas Ketua DPRD yang sebelumnya digunakan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Brebes.
 
"Saat ini tengah dilakukan renovasi agar memenuhi standar pelayanan minimum dan pemenuhan piranti keras dan lunak lainnya," ungkap Idza.
 
Dengan diresmikanya UKK Imigrasi, lanjutnya, otomatis warga Brebes yang akan membuat paspor dan berkas tentang keimigrasian tidak perlu lagi pergi jauh ke Pemalang. Masyarakat tinggal datang ke UKK Imigrasi yang berada di Jalan Jendral Sudirman Brebes tersebut.
 
Sementara Kepala Kantor Imigrasi kelas II Pemalang Doni Alfisyahrin mengatakan, pembentukan UKK di Brebes ini karena banyak warga yang ingin mengurus dokumen keimigrasian untuk berwisata ke luar negeri, melakukan ibadah umrah, atau menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI).
 
"Pembukaan pelayanan keimigrasian bisa dibuka di tingkat unit jika ada permintaan dari kepala daerah serta pertimbangan Kantor Imigrasi terdekat," ungkap Doni.
 
Sepanjang 2018 Kantor Imigrasi kelas II Pemalang  telah menerbitkan paspor 48 halaman sebanyak 36.557 buku, sementara paspor 24 halaman sebanyak 91 buku.
 
Pembukaan UKK di Brebes ini juga berkaitan dengan faktor penunjang layanan kawasan industri untuk mendorong perekonomian. Seperti diketahui, nantinya di Brebes akan dibangun kawasan industri yang mirip dengan kawasan industri di Cikarang, Jawa Barat.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi