Pemuda Muhammadiyah Mencari Pengganti Dahnil
Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak. Foto: Antara/Reno Esnir.
Yogyakarta: Pemilihan calon ketua umum Pemuda Muhammadiyah pengganti Dahnil Anzar Simanjuntak akan digelar, Rabu 28 November 2018. Sejumlah nama kandidat muncul dalam Muktamar Pemuda Muhammadiyah (PM) di Yogyakarta. Namun, ada dua nama yang menguat, Sunanto dan Ahmad Fanani.
 
Dari dua nama tersebut, Sunanto muncul sebagai calon paling kuat. Setidaknya lebih dari separuh total Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) dan Pemuda Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) ke Sunanto.
 
Salah satu PWPM yang memberi dukungan ke Sunanto adalah PWPM Jawa Timur. Keputusan diambil setelah PWPM Jatim menggelar rapat internal.
 
Ketua PWPM Jawa Timur Mukyat Al Amin mengatakan Pemuda Muhammadiyah harus memiliki sosok ketua umum yang mampu mengayomi, bervisi kedepan (visioner), sosok yang mandiri dan tentunya watak berkemajuan.
 
"Pemuda Muhammadiyah butuh sosok pemimpin yang memiliki gagasan visioner, mandiri, negarawan serta watak berkemajuan," kata Mukyat, Selasa, 27 November 2018.
 
Sunanto dinilai menjadi calon ketua umum yang mampu membawa Pemuda Muhammadiyah menjadi lebih baik. "Setelah melihat secara utuh, gagasan dan visi misi kandidat calon Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah. PWPM Jatim memutuskan untuk mendukung Sunanto. Lebih dari separuh total pimpinan PWMP juga ke Cak Sunanto," kata Mukyat.

Baca: Dahnil Disebut Mencoreng Nama Baik Muhammadiyah

Cak Nanto yang juga ketua Koordinator Nasional (Kornas) Jaringan Pendidikan Pemilih Rakyat (JPPR) menyambut dukungan itu.
 
"Saya berterimakasih, semoga kami tetap solid, bisa bersama memajukan kader Pemuda Muhammadiyah di berbagai lini baik di pusat maupun di daerah," kata Cak Nanto.
 
Calon lain yang dianggap cukup kuat jelang pemilihan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah adalah Ahmad Fanani. Nama Fanani merupakan calon yang dijagokan Dahnil Anzar Simanjuntak. Nama Fanani yang juga menjadi panitia perkemahan pemuda yang kemudian dipersoalkan oleh kepolisian bersama Dahnil.
 
Dari total bursa nama nama calon ketum Pemuda Muhammadiyah di Muktamar kali ini, setidaknya ada enam nama yang sempat menguat. Antara lain, Sunanto, Ahmad Fanani, Ahmad Labib, Andi Fajar Asti, Faisal dan Muhammad Sukron.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id