Kondisi Merapi dari CCTV Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG). Akun Twitter @BPPTKG
Kondisi Merapi dari CCTV Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG). Akun Twitter @BPPTKG (Patricia Vicka)

Gunung Merapi Lima Kali Keluarkan Awan Panas

gunung merapi erupsi gunung
Patricia Vicka • 18 Februari 2019 11:11
Yogyakarta: Gunung Merapi mengeluarkan awan panas sebanyak lima kali pada Senin, 18 Februari 2019 sejak pukul 06.05 WIB. Awan panas berpotensi menyebabkan hujan abu.
 
Info dari akun resmi Twitter Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan awan panas keluar pada pukul 06.05 WIB, 06.13 WIB, 06.24 WIB, 06.25 WIB dan 06.28 WIB.
 
"Tinggi asap 400 meter," cuitan akun BPPTKG, Senin, 18 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Merapi juga memuntahkan material. Tercatat tiga kali guguran material keluar dari perut Merapi ke arah Kali Gendol dengan jarak luncur 700-900 m.
 
BBPTKG juga mencatat 31 gempa guguran dengan durasi 12-92 detik. Kepala BPPTKG Hanik Humaida memprediksi keluarnya awan panas guguran dan guguran lava berpotensi menimbulkan hujan abu.
 
"Masyarakat diharap tetap tenang. Kami imbau warga siap siaga mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik," kata dia
 
Status Gunung Merapi masih dalam level II atau waspada. Masyarakat diminta menjaga jarak aman dan tidak berkegiatan di dalam radius tiga kilometer. Pendakian ke Merapi juga masih ditutup untuk umum.
 

 
 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif