SMK Raden Umar Said Punya Studio Animasi Terbesar di Indonesia

Rosa Anggreati 09 November 2018 13:57 WIB
Djarum Foundation
SMK Raden Umar Said Punya Studio Animasi Terbesar di Indonesia
SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus menjadi percontohan bagi sekolah kejuruan lainnya di Tanah Air (Foto:Metro TV)
Jakarta: Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Raden Umar Said (RUS) di Kota Kudus, Jawa Tengah, menarik perhatian. Sekolah ini juga menerapkan kurikulum dan fasilitas modern seperti sekolah mancanegara. Tak heran RUS menjadi percontohan bagi sekolah kejuruan lainnya di Tanah Air.

Program televisi Kick Andy berkesempatan berkunjung ke RUS. Tampak bahwa memang sekolah ini berbeda dengan sekolah pada umumnya di Indonesia.

Misalnya, ada ruang kelas yang terdapat VW Combi. Rupanya, mobil tersebut dipakai oleh guru Bimbingan Konseling (BK) untuk memberikan konseling kepada murid yang bermasalah. Ada juga mobil yang diletakkan terbalik, berisi konsol game. Anak-anak bisa bersantai dan bermain game.


 

Menurut Roy, Technical Director SMK Raden Umar Said, sekolah ini berdiri sejak 2005 dengan bantuan dana CSR dari Djarum Foundation. Sementara, untuk jurusan Animasi, DKV, dan RPL baru tersedia pada 2015. Ketiga jurusan ini menampung 300 siswa.

"Anak-anak di sekolah ini berasal dari berbagai daerah, tapi memang ada kuota 70 persen harus anak-anak Kudus," ucap Roy.


 
Kurikulum di sekolah ini menerapkan 70 persen praktik, sehingga murid terbiasa dipacu untuk mengasah keterampilan dan menghasilkan karya. Diharapkan, kelak setelah lulus mereka bisa langsung menerapkan ilmunya dan membantu perekonomian keluarga.



Jurusan animasi di RUS termasuk yang paling banyak peminatnya. Jurusan ini mengusung konsep kelas berbeda. Desain ruang kelas mengadaptasi taman bermain yang nyaman, fasilitas game, dan olahraga. Studio animasi pun telah sesuai standar industri dan terbesar di Indonesia.


 
Murid diajak terlibat langsung dalam pembuatan proyek animasi. Bahkan, mereka sudah menerima pesanan dari Singapura, Kanada, Amerika Serikat untuk pembuatan animasi.

Salah satu siswa dengan prestasi menonjol ialah Andim. Lulusan animasi RUS ini sangat tekun. Karena ketekunannya, Djarum Foundation mengirim Andim ke Singapura selama tiga minggu untuk belajar langsung dengan Warren Eagles, seorang color grading artist dari Hollywood.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id