Gua Pindul, salah satu objek wisata di Gunungkidul, MI - Agus Utantoro
Gua Pindul, salah satu objek wisata di Gunungkidul, MI - Agus Utantoro (Ahmad Mustaqim)

Lebih 300 Ribu Wisatawan Ditargetkan ke Gunungkidul

liburan
Ahmad Mustaqim • 13 Desember 2018 11:12
Yogyakarta: Gunungkidul, DI Yogyakarta, memiliki beragam objek wisata yang kerap menjadi tujuan berlibur. Lantaran itu, Pemkab Gunungkidul menargetkan 344 ribu wisatawan datang pada libur akhir tahun.
 
Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Antonius Hary Sukmono mengatakan penghitungan kunjungan wisatawan Nataru dihitung mulai 22 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019. Menurut Hary, target kunjungan wisata akhir tahun itu diambil karena target dalam tahun 2018 masih jauh. 
 
"Kunjungan wisata untuk tahun ini baru 2,7 juta. Sementara, target kami pada awal tahun sebanyak 3,5 juta wisatawan," kata Hary lewat sambungan telepon, pada Kamis, 13 Desember 2018. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan belum tercapainya kunjungan wisatawan itu berdampak pada pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Dari target Rp28,2 miliar selama 2018, baru tercapai sebesar Rp22,1 miliar. 
 
"Target kami belum tercapai karena awal tahun ini ada dampak cuaca buruk di musim hujan. Kami akan upayakan bekerja sama dengan pengelola obyek wisata agar target bisa terpenuhi," ujarnya. 
 
Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti menambahkan, pemerintah tak bisa menyiapkan agenda khusus untuk liburan Nataru 2019. Menurut dia, pengajuan anggaran untuk agenda wisata tak mendapat persetujuan pemerintah DIY. 
 
"Alhasil kami tidak bisa menyediakan kegiatan seperti atraksi di obyek-obyek wisata," ujar Asti. 
 
Ia menyatakan akan berupaya memaksimalkan langkah promosi di media sosial untuk menambah kunjungan wisatawan. "Kami harapkan libur akhir tahun bisa ramai. Dan yang penting bisa aman dan nyaman bagi wisatawan," kata dia. 
 
Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady mengatakan akan mengerahkan ratusan pasukan untuk mengantisipasi kepadatan wisatawan di berbagai jalur. Ia memperkirakan ada 245 pasukan gabungan yang disiagakan. 
 
"Kami akan antisipasi di jalur-jalur alternatif. Jalur demikian ini yang biasanya akan dipilihnya wisatawan luar kota," kata dia. 
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif