Hutan Gunung Sumbing Temanggung Terbakar
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Temanggung: Kawasan hutan Gunung Sumbing di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, terbakar pada Senin  petang, 10 September 2018. Kebakaran terjadi di petak 20 Resor Pemangku Hutan (RPH) Kecepit, Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Temanggung, Kesatuan Pemangku Hutan Kedu Utara.

"Sekitar pukul 18.15 WIB terlihat adanya titik api di kawasan hutan Gunung Sumbing," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi seperti yang dilansir Antara.

Dia menyebut kebakaran tersebut masuk wilayah administratif Gelapansari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. Tim Perhutani dan basecamp pengelola jalur pendakian hanya bisa memantau karena kebakaran terjadi pada malam hari.


Seluruh jalur pendakian ke Gunung Sumbing ditutup mulai Senin pukul 18.30 WIB. "Pendaki yang sudah berada di puncak diminta untuk segera turun," katanya.

Penanganan kebakaran tersebut akan mengerahkan personel dari berbagai instansi, masyarakat dan relawan mulai Selasa pagi.

Kebakaran di Gunung Sumbing tersebut menjadi kebakaran hutan dan lahan kedua di wilayah Kabupaten Temanggung. Sebelumnya hutan Gunung Sindoro terbakar sejak Jumat 7 September 2018 dan belum berhasil dipadamkan hingga kini.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id