Tim Kuasa hukum N dari lembaga Rifka Annisa di Yogyakarta. Medcom.id/Patricia Vicka
Tim Kuasa hukum N dari lembaga Rifka Annisa di Yogyakarta. Medcom.id/Patricia Vicka (Patricia Vicka)

Pihak Korban UGM Kecewa Tersangka tak Dipecat Kampus

pemerkosaan
Patricia Vicka • 07 Februari 2019 21:16
Yogyakarta: Tim Kuasa hukum mahasiswi Universitas Gadjah Mada korban pemerkosaan kecewa pihak rektorat memecat pelaku, H, dari kampus. Padahal pemecatan (drop-out) pelaku jadi tuntutan utama korban sejak kasus ini bergulir.
 
Pihak rektorat beralasan sistem akademik UGM tidak memungkinkan H dikeluarkan dari kampus. "Kami dan korban kecewa. Kami menyayangkan sistemnya. Coba kalau dari awal ditangani mungkin H bisa di DO," ujar Perwakilan tim kuasa hukum N Suki Ratna Sari dikantor Rifka  Annisa Yogyakarta.
 
Rektorat UGM dituding lambat menyelesaikan kasus ini. Pelecehan seksual terjadi sekitar Juni - Juli 2017. Namun rektorat baru bergerak menyelesaikan kasus ini setahun sesudahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


H sudah selesai menyelesaikan studi akademiknya. Pelaku juga sudah menyelesaikan skripsi dan mengikuti pendaftaran wisuda.
 
Namun, N disebutnya sudah menerima hal ini. N menilai H sudah menerima sejumlah sanksi dari rektorat dan fakultas. Di antaranya wajib mengikuti konseling dan penundaan wisuda. Serta mendapatkan sanksi sosial.
 
UGM telah mengabulkan beberapa tuntutan N, seperti menanggung biaya konseling penyembuhan trauma, biaya hidup dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) selama N masih kuliah di UGM. Juga mewajibkan H melakukan konseling dan meminta maaf atas tindakannya.
 
"UGM juga akan membuat mekanisme pencegahan kekerasan seksual di lingkungan kampus,"kata Kiki.
 
Ke depan penyintas bersama Rifa Annisa masih tetap berjuang untuk memantau skema dan pelaksanaan upaya pencegahan kekerasan seksual di civitas akademika UGM.
 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif