Warga mengantre pendaftaran angkutan balik gratis pada program Mudik Bareng Guyub Rukun Idulfitri 2018 di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Kamis (21/6).  ANTARA FOTO/Maulana Surya.
Warga mengantre pendaftaran angkutan balik gratis pada program Mudik Bareng Guyub Rukun Idulfitri 2018 di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Kamis (21/6). ANTARA FOTO/Maulana Surya. (Antara)

Polda Jateng Susun Strategi Pengamanan Mudik 2019

Mudik Lebaran 2019
Antara • 08 Mei 2019 15:52
Solo: Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel menyebut jika pihaknya sudah mempersiapkan rencana pengamanan penyambut para pemudik yang masuk di wilayah Jateng melalui Operasi Ketupat 2019 yang digelar tanggal 29 Mei-13 Juni mendatang.
 
"Kami persiapan menyambut pemudik tahun ini, sesuai dengan rencana pengamanan yang sedang disusun dalam Operasi Ketupat," kata Rycko di Markas Polres Kota Surakarta, Rabu, 8 Mei 2019.
 
Rycko mengaku sudah bertemu dengan Menteri Perhubungan, dan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri bersama Gubernur Jateng, dan Dirjen Pehubungan Darat untuk merencanakan
manajemen lalu lintas dalam arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada rencana operasi manajemen lalu lintas yang akan dilaksanakan pertama, yakni memprioritaskan tentang keselamatan para pemudik," jelas Rycko.
 
Oleh karena itu, lanjut Rycko, soal keselamatan pemudik akan dilakukan berbagai regulasi guna mengurangi penggunaan pemudik bersepeda motor dengan memberikan akses kemudahan bagi masyarakat yang akan membawa motor ke kampung halamannya.
 
Rycko menyebut, masyarakat bakal dibantu antara lain dengan menggunakan angkutan kapal laut, kereta api, dan truk-truk. Kemudian melakukan pengecekan terhadap kendaraan terutama armada untuk angkutan umum.
 
Menurut Rycko, hal ini akan ditingkatkan kembali pemeriksaannya, kesiapan, dan kelayakan terhadap kendaraannya. Selain itu, pihaknya juga melaksanakan manajemen rekayasa lalu lintas.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif