mudik lebaran 2018

Pemudik Tujuan Purwekerto Diimbau tak Melewati Jalur Brebes Selatan

Kuntoro Tayubi 26 April 2018 20:21 WIB
Mudik Lebaran 2018
Pemudik Tujuan Purwekerto Diimbau tak Melewati Jalur Brebes Selatan
Jalur Ciregol, Kecamatan Tonjong, Brebes, Jawa Tengah. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Brebes: Menjelang arus mudik lebaran 2018, Polres Brebes, Jawa Tengah, mengimbau agar kendaraan dari arah barat untuk tidak menggunakan jalur Brebes Selatan. Sebab masih ada pembangunan under pass di Desa Karang sawah, Kecamatan Tonjong. 

“Meskipun pembangunan underpass akan dihentikan pada H-15 lebaran, namun potensi kemacetan sangat tinggi di titik tersebut,” ujar Kapolres Brebes, AKBP Sugiarto, Kamis, 26 April 2018, di kantornya.

Ia mengimbau para pemudik yang hendak menuju Purwokerto bisa melewati jalur Kuningan-Majenang-Cilacap. Sementara yang hendak menuju Jogjakarta bisa melalui Tol Pejagan-Pemalang dan lewat Semarang.


Saat ini, lanjut Kapolres, ia telah mempersiapkan rekayasa lalu lintas di titik rawa kemacetan tersebut. Di antaranya menyiapkan beberapa bambu coon untuk menata jalur-jalur yang diperkirakan akan menghambat kendaraan pemudk.

Bambu Coon tersebut akan dipasang sepanjang jalur antara Margasari (perbatasan Kabupaten Tegal-Brebes) sampai ke Karangsawah tempat pembangunan under pass.

“Kita akan mempersiapkan kurang lebih 150 personel di sepanjang titik rawan tersebut,” kata Sugiarto.

Baca: Korlantas Sebut Banyak PR di Jalur Mudik

Sementara, Kasat lantas Polres Brebes, AKP Rikha Zulkarnaen, memprediksi kemacetan kendaraan arus mudik lebaran 2018 di Brebes, diperkirakan bergeser dari sebelumnya titik kemacetan di tol Brexit ke arah jalur selatan.

“Titik rawan kemacetan sebelumnya berada di pertigaan tol Brebes Timur, kini titik rawan kemacetan berada perlintasan kereta api Desa Karang Sawah, Kecamatan Tonjong,” kata Kasatlantas Brebes, AKP Rikha Zulkarnaen.

Apalagi, lanjut Rikha, dengan akan dioperasionalkannya tol Pejagan hingga Gandulan, Pemalang pada arus mudik lebaran mendatang diperkirakan bisa mengurai kemacetan kendaraan dari pintu tol hingga pertigaan Brexit. 



(ALB)