Kendaraan yang rusak berat akibat hempasan gelombang tinggi teronggok di Resort Tanjung Lesung, Banten, MInggu (23/12). MI/ Susanto.
Kendaraan yang rusak berat akibat hempasan gelombang tinggi teronggok di Resort Tanjung Lesung, Banten, MInggu (23/12). MI/ Susanto. (Ahmad Mustaqim)

BPBD DIY Terjunkan Anggota ke Provinsi Banten

Tsunami di Selat Sunda
Ahmad Mustaqim • 23 Desember 2018 19:22
Yogyakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogykarta (DIY) mengirim bantuan personel untuk penanganan pascatsunami di Selat Sunda pada Sabtu malam, 22 Desember 2018. Tim BPBD DIY ini akan membantu proses tanggap darurat.
 
"Tim kami akan bertugas selama enam hari mulai tanggal 23-28 Desember 2018 dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan di lapangan," kata Manager Pusat Pengendalian dan Operasi BPBD DIY, Danang Samsurizal di Yogyakarta, Minggu, 23 Desember 2018. 
 
Tim BPBD DIY ini terdiri dari personel Tim Reaksi Cepat dan Petugas Pusdalops BPBD DIY yang memiliki kompetensi manajemen Posko Penanganan Darurat Bencana. Beberapa nama personel yang dikirim di antaranya Agus Riyanto (kordinator); Dwi Setyono; Sony Eko Haryanto; Andry Suzanto; Indrayanto; Afiat Setyawan; dan Tubagus Ahmad Hafidz. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lalu ada personel untuk back up tim awal, yakni Nova Ardianto, M. Thohir, dan Wahyu Ariwibowo. Untuk tim lanjutan, akan dikoordinasika lebih lanjut, berkaitan dengan ketugasan dan keberangkatan," jelas Danang. 
 
Danang mengutarakan tim yang dikirim bertugas di antaranya membantuan manajemen posko penanganan darurat bencana; mengkaji dampak dan kebutuhan darurat; serta merespon kegawatdaruratan apabila diperlukan. "Untuk tim respon awal berkumpul di Mako TRC BPBD DIY mala mini," beber Danang.
 
Tsunami yang menerjang kawasan Pandeglang, Serang (Banten), dan Lampung Selatan telah menyebabkan lebih dari 200 korban jiwa. Selain itu, ratusan orang mengalami luka, dan puluhan di antaranya masih hilang. Data ini diperkirakan dapat terus bertambah mengingat belum semua daerah yang terdampak bencana tsunami baik Kabupaten Pandeglang, Serang dan Lampung Selatan belum semua terdata dengan baik.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif