Bandara Adisutjipto Antisipasi Lebih Musim Penghujan
Aktivitas pengguna bandara Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Yogyakarta: PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta mewaspadai ancaman keselamatan penerbangan selama musim hujan. Salah satunya terkait dengan pemeriksaan dan serta pembersihan pergerakan pesawat (airside) dari genangan air akan ditingkatkan.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama menyebut beragam ancaman keselamatan penerbangan muncul saat musim hujan. "Bahaya keselamatan penerbangan seperti potensi adanya genangan air di area landasan dan berkurangnya kekesatan landasan runway “, jelas Pandu di Yogyakarta, Rabu 28 November 2018.

Bahaya lain yang mengintai adalah adanya winsheare, perubahan tiba-tiba arah angin, dan jarak pandang yang di bawah standar. Pihaknya mengantisipasi bahaya yang dapat muncul.


Upaya yang dilakukan di antaranya pemeriksaan dan pemeliharaan rutin di area pergerakkan pesawat, terutama di landasan pesawat. Air Traffic Control (ATC) diminta untuk memberikan informasi terkait kondisi residu karet ban pesawat dan air di landasan setelah hujan.

"Kami juga melakukan pemeriksaan potensi genangan air dan  di drainase dan di fasilitas bandar udara. Kondisi keberadaan air di runway akan kami informasikan ke  ATC," paparnya.

Operator penyedia transportasi udara harus melakukan pengawasan serta mengantisipasi ancaman keselamatan penerbangan.
 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id