Maket Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). Medcom.id-Ahmad Mustaqim.
Maket Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). Medcom.id-Ahmad Mustaqim. (Ahmad Mustaqim)

Gubernur DIY Akan Promosikan NYIA ke Finlandia

bandara
Ahmad Mustaqim • 08 Januari 2019 18:59
Kulon Progo: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, dirinya akan mempromosikan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) ke Eropa. Ia akan melakukan perjalanan menuju salah satu negara di Eropa. 
 
Sebelum menuju ke sana, Sultan meminta materi yang bisa dipakai presentasi. "Materi mana yang bisa saya bawa ke Finlandia pada 15 Januari," kata Sultan di area proyek pembangunan NYIA Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, DIY, Selasa, 8 Januari 2019.
 
Sultan sempat melihat video presentasi yang disajikan PT Angkasa Pura di Kantor Proyek Pembangunan NYIA. Ia mengatakan, materi video nantinya akan dipromosikan bersama kelompok Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sultan berharap progres pembangunan NYIA bisa berjalan dengan baik. Terlebih bandara tersebut akan menjadi tujuan berbagai maskapai internasional.
 
Selama ini, Sultan mengaku hampir selalu ditanyakan progres pembangunan NYIA oleh pemerintah pusat, termasuk Presiden Joko Widodo. Bahkan, kata dia, Presiden Jokowi telah berencana berkunjung ke Yogyakarta pada bulan ini.
 
Sultan sempat menanyakan kesiapan PT Angkasa Pura dan PT Pembangunan Perumahan (PP) apabila Presiden Jokowi akan berkunjung. Meski demikian, ia menyerahkan keputusan kesiapan itu ke PT Angkasa Pura. 
 
"Terserah pihak direksi (PT Angkasa Pura). Kalau Februari silakan, sebelum nanti bulan April. Saya tak tahu sekali (kunjungan) sudah peresmian, atau dua kali lalu peresmian," jelas Sultan.
 
Saat pemaparan progres pembangunan NYIA, PT Angkasa Pura masih belum memberikan jawaban pasti. Direktur Teknik PT Angkasa Pura, Lukman F Laisa memperkirakan kunjungan Presiden Jokowi ke proyek pembangunan NYIA kemungkinan belum bisa. Ia menaksir kunjungan bisa dilakukan bulan depan.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi