Gunung Merapi (Foto:Antara/Aloysius Jarot Nugroho)
Gunung Merapi (Foto:Antara/Aloysius Jarot Nugroho) (Anggi Tondi Martaon)

Semua Pihak Diminta Waspadai Kondisi Gunung Merapi

berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 20 Mei 2019 17:14
Jakarta: Status Gunung Merapi berada pada level waspada. Salah satu gunung paling aktif di Jawa tengah itu diprediksi memuntahkan hujan abu.
 
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong instasi terkait merespons status dan potensi bencana Gunung Merapi. Misal, dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Merapi. 
 
"Menyediakan masker untuk dibagikan kepada masyarakat di sekitar Gunung Merapi," kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu, dalam keterangan tertulis, Senin, 20 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Golkar ini meminta Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) mengevakuasi masyarakat yang tinggal atau beraktivitas di zona bahaya. Hal itu perlu dilakukan untuk menghindari jatuhnya korban jiwa.
 
"Mendorong BPBD bekerja sama dengan Pemda untuk mempersiapkan tempat singgah yang cukup dan memadai bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Merapi sebagai langkah antisipasi terjadinya peningkatan aktivitas Gunung Merapi," katanya.
 
Bamsoet juga meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membuat jalur evakuasi. Jalur tersebut harus dilengkapi dengan rambu-rambu yang jelas.
 
"Ini penting untuk memudahkan evakuasi masyarakat saat terjadi erupsi," katanya.
 
Selain itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Tim Pemantau Gunung Api terus menginformasikan perkembangan status gunung dan kondisi cuaca kepada masyarakat. 
 
"Mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan serta selalu mengikuti arahan dari petugas dan memperbarui informasi terbaru terkait status gunung dari BMKG dan PVMBG sebagai institusi resmi," ujar Bamsoet.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif