Suasana salat Idulfitri di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Foto: Medcom.id
Suasana salat Idulfitri di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Foto: Medcom.id (Patricia Vicka)

Raja Yogyakarta Salat Id di Alun-alun Utara

lebaran idul fitri
Patricia Vicka • 05 Juni 2019 09:31
Yogyakarta: Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono 10 melakukan salat Idulfitri di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Sri Sultan ditemani empat menantunya, KPH Wironegoro, KPH Notonegoro, KPH Purbaningrat dan KPH Yudhonegoro dan seorang cucunya Raden Mas Drastya Wironegoro.
 
Sultan tiba di Alun-alun Utara sekitar pukul 06.55 WIB. Sri Sultan HB X yang memakai batik berwarna cokelat segera membaur dengan ribuan masyarakat. Ia mengambil posisi salat paling depan. Tak ada batasan antara dirinya dengan masyarakat.
 
"Saya mengucapkan selamat Idulfitri dan selamat bagi warga negara muslim yang menyelesaikan puasanya dengan baik," kata Sultan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salat Idulfitri dimulai sekitar pukul 07.00 WIB dan dipimpin oleh khotib Achmad Jainuri. Dalam khotbahnya Khotib Achmad mengajak seluruh umat untuk kembali fitrah.
 
"Hikmah yang paling penting dari ibadah Idulfitri ini adalah tumbuhnya kesadaran kita untuk kembali kepada fitrah manusia,"ujar Achmad di Alun-alun Utara Yogyakarta, Rabu, 5 Juni 2019.
 
Dia menjelaskan, fitrah adalah keadaan suci, bersih dari dosa seperti waktu pertama kali lahir di dunia. Achmad mengajak seluruh masyarakat mempertahankan kesucian dan kemurnian dengan memperbaiki diri, dari segala penyimpangan yang pernah dilakukan. 
 
Ribuan masyarakat tampak memadati Alun-alun Utara Yogyakarta untuk melaksanakan salat Idulfitri. Mereka salat dengan khusyuk, beralaskan koran bekas.

 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif