Infrastruktur Pelabuhan Kartini Belum Maksimal
Penumpang turun dari KMP Siginjai di Pelabuhan Kartini, Jepara, Jawa Tengah. Medcom.id/Rhobi Shani
Jepara: Pelabuhan Kartini merupakan satu-satunya pelabuhan penumpang menuju kepulauan Karimunjawa dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Infrastruktur pelabuhan dinilai belum mampu menunjang aktivitas pelayaran secara maksimal.

Misalnya, penerangan navigasi pada malam hari. Penyedia angkutan penyeberangan akhirnya tak berani menurunkan atau mengangkut penumpang maupun barang pada malam hari.

"Selain itu, kedalaman pelabuhan juga masih kurang. Setiap kapal mau berangkat airnya berubah jadi keruh, dan kami khawatir kondisi air yang seperti itu bisa memengaruhi kinerja mesin kapal," terang General Manajer PT ASDP Kantor Cabang Jepara Gunawan, Kamis, 5 Juli 2018.


Tidak tersedianya pintu masuk khusus penumpang membuat pihaknya kewalahan mengatur naik turunnya penumpang dan barang. Penumpang yang hendak naik maupun turun harus bergantian dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Jadi tidak jelas mana yang penumpang, mana yang tenaga angkut dan penumpang harus bergantian dengan kendaraan," ungkap Gunawan.  

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara Deni Hendarko mengungkapkan, pihaknya mengusulkan penambahan fasilitas dan pembenahan pelabuhan Kartini setiap tahun. Tahun ini, pihaknya akan menambah area parkir kendaraan dan menambah area ruang tunggu penumpang.

"Saat ini standar minimal sudah. Setiap tahun kami berupaya usulan penambahan untuk lebih optimal. Usulan untuk tahun depan penambahan lampu penenerangan," terang Deni.

Pelabuhan Kartini jadi pelabuhan penyebrangan penumpang dan barang menuju Karimunjawa. Selain KMP Siginjai, kapal Express Bahari yang melayani penyebarangan menuju Karimunjawa juga bersandar di Pelabuhan Kartini.

Selain itu, kapal-kapal nelayan yang biasa mengangkaut barang menuju kepulauan Karimunjawa juga bersandar di pelabuhan ini.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id