Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal. (Budi Arista Romadhoni)

Antisipasi Tsunami, BPBD Jateng Bentuk Desa Tangguh

tsunami bencana alam
Budi Arista Romadhoni • 16 Januari 2019 18:47
Semarang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah mulai mendata warga pesisir selatan untuk memetakan warga yang berpotensi terdampak gelombang tsunami. 
 
Kepala BPBD Jawa Tengah, Sarwa Pramana menyebut, terdapat empat daerah yang rawan diterjang gelombang tsunami. Keempat daerah yang ia maksud yaitu Kabupaten Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Wonogiri.
 
"Kita akan lakukan pemasangan jalur evakuasi, memetakan mitigasi serta membekali latihan evakuasi kebencanaan," Kata Sarwa di Semarang, Rabu 16 Januari 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemetaan tersebut dilakukan untuk menyiapkan desa tangguh dan tanggap bencana. "Tahun ini akan dibuatkan 16 desa tangguh. Sebab, kita sedang memprioritaskan antisipasi dari ancaman tsunami, longsor dan Merapi. Makanya kita lakukan droping bantuan logistik ke masing-masing daerah dengan jumlah berbeda-beda," beber Sarwa.
 
Lebih lanjut lagi, Sarwa menyatakan, terdapat sebanyak 518.797 warga Cilacap yang berpotensi terkena bencana tsunami dan gempa bumi.
 
Kemudian, di Kebumen jumlah warga yang berpotensi terdampak tsunami dan gempa bumi mencapai 60.404 jiwa, Purworejo terdapat 30.097 jiwa. Yang terakhir di Wonogiri, warga yang terancam bencana tsunami dan gempa bumi terdapat 166 jiwa.
 
Untuk menyikapi temuan sebanyak itu, pihaknya telah menganggarkan dana penanggulangan bencana untuk tahun 2019 sebesar Rp37 miliar. Dana tersebut bakal dipakai untuk pengadaan alat-alat produksi ekonomi bagi korban dan biaya mitigasi.
 
"Kebutuhannya untuk belanja langsung dan tak langsung, ada lagi buat pembentukan desa tangguh, relawan dan air bersih. Anggarannya juga terserap untuk biaya logistik kantor BPBD Jateng Rp 2,5 miliar," pungkas Sarwa.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif