Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Rabu, 9 Januari 2019. Medcom.id/ Ahmad Mustaqim.
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Rabu, 9 Januari 2019. Medcom.id/ Ahmad Mustaqim. (Ahmad Mustaqim)

Moratorium Dicabut, Investor Diperkirakan Incar Yogyakarta

pemerintah daerah yogyakarta
Ahmad Mustaqim • 09 Januari 2019 15:06
Yogyakarta: Pemerintah kota Yogyakarta telah mencabut moratorium pembangunan hotel yang berlaku sejak 2013. Keputusan ini diperkirakan akan menarik investor untuk kembali melakukan pembangunan hotel.
 
Berdasarkan data Dinas Perizinan setempat, ada 105 investor yang hendak membangun hotel sebelum pemberlakukan moratorium pada 2013. Dari data itu, tak semua investor diberikan izin membangun.
 
"Kalau saat ini belum ada (investor baru). Kalau data 105 itu yang dulu, itu yang waktu ketika kita mulai moratorium," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Rabu, 9 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Keran Pembangunan Hotel di Kota Yogyakarta Kembali Dibuka
 
Haroe mengatakan, saat itu pemerintah mengeluarkan 88 izin dari 105 yang mengajukan. Dari 88 izin yang diberikan, sekitar 60 yang berhasil membangun. 
 
"Selama lima tahun moratorium pertumbuhan kamar (di Kota Yogyakarta) tak banyak. Ini jadi salah satu pertimbangan (mencabut moratorium)," jelas Horoe. 
 
Haroe menambahkan, pemerintah mulai menyampaikan Peraturan Wali Kota Yogyakarta Nomor 85 Tahun 2018 tentang perizinan pembangunan hotel khusus bintang 4 dan bintang 5. Heroe menyebutkan, salah satu persyaratan perizinan IMB yakni soal kejelasan rencana pembangunan.
 
Menurut dia, ada potensi investor akan kembali datang membangun hotel. Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) jadi salah satu pertimbangan karena akan membawa banyak wisatawan mancanegara. "Adanya bandara (NYIA) potensi (pembangunan hotel baru) itu ada," beber Haroe.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif